Pelunasan Bipih Ditutup, 59 Kursi Belum Terisi

img

MOMENTUM, Bandarlampung-- Pelunasan biaya perjalanan ibadah haji (Bipih) tahap kedua yang dimulai sejak tanggal 13 Maret 2024 telah resmi ditutup, Jumat (5-4-2024).

Berdasarkan data Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama Lampung, jumlah jemaah yang telah melunasi Bipih pada tahap satu dan dua mencapai 7.275 orang.

Jumlah itu terdiri dari 7220 jemaah reguler, 46 petugas haji daerah dan 9 Kelompok Bimbingan Ibadah Haji san Umroh (KBIHU).

Sedangkan untuk kuota jemaah calon haji (JCH) Lampung tahun 2024 mencapai 7.334 orang. Rinciannya: 7.253 jemaah, 54 PHD dan 27 KBIHU. Sehingga terdapat 59 kursi yang belum terisi.

Kepala Kanwil Kemenag Lampung Puji Raharjo membenarkan adanya kuota jemaah calon haji yang belum terisi.

"Hari ini adalah terakhir pelunasan Bipih tahap kedua. Memang ada seat yang belum terisi tapi jumlahnya tidak terlalu signifikan," kata Puji.

Dia mengatakan, masih menunggu arahan dari pemerintah pusat terkait dengan jumlah kuota yang belum terisi tersebut.

"Selanjutnya kita menunggu kebijakan dari Kementerian Agama. Apakah mau dibuka pelunasan tahap ketiga atau diperluas lagi yang bisa mendaftar," jelasnya.

Dia berharap, bakal ada pelunasan Bipih tahap ketiga. Sehingga, jumlah kuota haji Lampung bisa terpenuhi.

Sementara untuk tahap selanjutnya, Puji mengatakan bakal berkeliling ke kabupaten/kota untuk melakukan manasik haji.

"Habis lebaran kita sudah manasik haji, di seluruh kabupaten/kota kita langsung keliling untuk pelatihan manasik haji," tuturnya.

Dia juga berpesan kepada JCH yang sudah melunasi Bipih agar tetap menjaga kesehatan hingga keberangkatan ke tanah suci Mekkah. (**)









Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos