Tekan Jumlah Pengangguran, Metro Programkan Pelatihan Keterampilan Kerja dan Jasa

img
Kepala Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Kota Metro, Budiono. Foto. Opie.

MOMENTUM, Metro--Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kota Metro memprogramkan pelatihan keterampilan kerja dan jasa. Program tersebut, merupakan salah satu upaya peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), dengan sasaran pelajar sekolah menengah kejuruan.

"Jadi sejak tahun lalu, sesuai arahan Bapak Walikota Wahdi, kami berupaya meningkatkan sumber daya manusia, bertujuan meningkatkan taraf hidup masyarakat, dan mengurangi angka pengangguran yang ada di Kota Metro," kata Kepala Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Kota Metro, Budiono, Kamis (27-6-2024).

Budiono menyampaikan, angka pengangguran di Kota Metro menurun dibandingkan tahun sebelumnya. Hal ini dikarenakan Disnakertrans terus berinovasi, dan aktif menjalin komunikasi dengan sejumlah perusahaan di Lampung.

"Arahan Walikota Metro dan kerjasama keras bersama, angka pengangguran bisa ditekan, di tahu 2022 pengangguran di Metro mencapai 4,34 persen, dan di tahun 2023 turun menjadi 3,6 persen, dan akan terus kita tekan di tahun 2024 ini," katanya.

Dalam waktu dekat ini juga, Disnakertrans Metro akan melakukan pelatihan kerja, dengan sasaran pelajar di setiap sekolah kejuruan, agar menjadi SDM yang dapat  mengembangkan kompetensi kerja, produktivitas, disiplin, sikap dan etos kerja, setelah lulus sekolah. Setiap tahun, pelatihan mendapat sambutan antusias dari masyarakat, baik dari lulusan pendidikan tingkat sekolah menengah maupun yang lulusan sekolah tinggi, imbuhnya.

Disnakertrans Metro telah berkoordinasi dengan satuan kerja terkait, dalam upaya menurunkan angka pengangguran, menekan investor di Metro untuk dapat merekrut calon pegawai yang mayoritas warga sekitar.

"Perusahaan di Metro ini, kita minta untuk 70 persen pegawai harus warga Metro. Selain itu kami juga selalu aktif berkomunikasi dengan perusahaan, bila membutuhkan tenaga kerja, informasi tersebut langsung kita share ke setiap sekolah, dan website pemerintah kota Metro yang ada di setiap kelurahan," tegasnya.

"Alhamdulillah, keberhasilan dalam menurunkan angka pengangguran, Kota Metro berhasil mendapatkan penghargaan Paritrana Award dua tahun berturut yang merupakan ajang penghargaan yang diberikan Pemerintah RI kepada Provinsi/Kabupaten/kota dan pelaku usaha, meliputi perusahaan sekala besar, maupun menengah, usaha sektor layanan publik dan usaha mikro, yang mendukung penuh jaminan sosial ketenagakerjaan tahun 2023 dan 2024," ujarnya.(**)






Editor: Muhammad Furqon





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos