Pekon Wonosari Bangun TPT dan Sabes Jalan Lingkungan

img
Peningkatkan jalan menuju persawahan dengan sabes dan pemangunan talud penahan tanah (TPT) di Pekon Wonosari, Gadingrejo, Kabupaten Pringsewu. Foto. Sulistyo.

MOMENTUM, Pringsewu -- Pemerintah Pekon Wonosari, Kecamatan Gadingrejo, Kabupaten Pringsewu, membangun talud penahan tanah (TPT) sekaligus meningkatkan kualitas jalan lingkungan menuju menuju areal persawahan dengan sabes. 

Kepala Pekon Wonosari, Rusmiyanto mengatakan, dana pembangunan tersebut bersumber dari anggaran dana desa (ADD) tahun 2024 tahap pertama bidang ketahanan pangan. 

"Pembangunan TPT itu sepanjang 420 meter. Penyabesan 273 meter. Lokasinya di RT. 001 RW. 001 dan dilaksanakan secara swakelola oleh masyarakat," jelasnya, Ahad 30 Juni 2024.


Menurutnya, pembangunan dilaksanakan untuk memperkuat pondasi jalan lingkungan yang sebelumnya belum ada penahannya sehingga mengakibatkan longsor jika hujan.

Terlebih jika dilewati kendaraan besar seperti truk bermuatan, jalan tersebut akan amblas dan rusak. "Sesuai hasil musyawarah tingkat RT dan dusun serta tingkat pekon setahun sebelumnya, menyepakati untuk membangun jalan tersebut supaya lebih kuat dan stabil. Juga supaya jalan di Pekon Wonosari dapat menjadi lebih baik dan tertata rapi," ujarnya.

Rusmiyanto menambahkan, selain pembangunan fisik, bantuan dana desa juga telah direalisasikan untuk peningkatan dibidang pemberdayaan lainnya. "Seperti penanaman pohon kelapa, sosialisasi bahaya narkoba, pemberian makanan tambahan untuk balita stunting dan honor PPKBD,"imbuhnya. (**)






Editor: Muhammad Furqon





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos