Mahasiswa UIN RIL Bawakan Tanoh Lado Pukau Penutupan KKN Moderasi Beragama

img
Acara penutupan Ekspo dan Hasil Kuliah Kerja Nyata (KKN) Moderasi Beragama IV se-Indonesia yang diselenggarakan di Kuningan Islamic Center (KIC).

MOMENTUM, Bandung--Dalam acara penutupan Ekspo dan Hasil Kuliah Kerja Nyata (KKN) Moderasi Beragama IV se-Indonesia yang diselenggarakan di Kuningan Islamic Center (KIC), mahasiswa dari Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Intan Lampung (RIL) dan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Metro memukau penonton dengan penampilan lagu daerah Lampung, Tanoh Lado, Jumat (23-08-2024).

Penampilan ini menjadi salah satu sorotan dari rangkaian acara yang menampilkan hasil dan prestasi KKN mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di seluruh Indonesia.

Acara penutupan ini dihadiri oleh berbagai tokoh penting, termasuk Rektor UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Bupati, Camat Kuningan, Direktur Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Kementerian Agama RI, juga seluruh mahasiswa peserta dari enam desa tempat KKN.

Dalam suasana yang penuh semangat, para mahasiswa mempersembahkan penampilan kolaboratif yang menonjolkan kekayaan budaya Lampung, Devi Putri Lestari, Marsella Tria Amanda Hanum, Ummi Zakiyah Diyanah,  Yakhsyallah Liddinillah, dan Nada Naurah Putri Azizah dari UIN Raden Intan Lampung, bersama Vivilia Ragawarna dan lainnya dari IAIN Metro, membawakan lagu Tanoh Lado.

“Melalui penampilan ‘Tanoh Lado,’ kami ingin memperkenalkan kekayaan budaya Lampung kepada peserta dari seluruh Indonesia. Ini adalah cara kami untuk berbagi kekayaan budaya kami dan memperlihatkan keindahan tradisi daerah kami,” ujar Devi Putri, salah satu mahasiswa UIN RIL.

Penutupan acara ini juga menyajikan berbagai hasil kegiatan KKN yang telah dilaksanakan selama 40 hari di enam desa Kecamatan Cigugur, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat.

Mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi mempresentasikan hasil KKN mereka melalui video dokumentasi, diskusi, dan pentas seni daerah. Penampilan tari Saman dari Aceh, tari Kecak dari Bali, dan pencak silat dari Jawa Barat menambah keanekaragaman acara.

Wisnu Uriawan ST MKom PHD dari UIN Bandung menyampaikan, “Kolaborasi UIN Raden Intan Lampung dan IAIN Metro sangat menarik untuk disimak. Dengan bersama-sama membawakan lagu Tanoh Lado. Hal ini makin merekatkan diantara kalangan mahasiswa untuk memajukan seni daerah di pentas nasional.”

KKN Moderasi Beragama IV bertujuan untuk memperkuat pemahaman tentang moderasi beragama dan membangun harmoni di tengah masyarakat yang beragam. Program ini melibatkan 286 mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi, baik Islam maupun non-Islam, yang bekerja sama untuk mempromosikan toleransi dan persatuan di Indonesia.

Yakhsyallah Liddinillah, salah satu delegasi UIN RIL, juga menekankan, kegiatan KKN ini memberikan pengalaman berharga dalam memahami keberagaman. “Di sini kami belajar tentang keberagaman dan penerapannya secara nyata, mulai dari beragamnya agama, budaya, hingga bahasa. Ini adalah pengalaman yang sangat berharga bagi kami,” ucapnya.(**)






Editor: Agus Setyawan





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos