Dorong Pertumbuhan Ekonomi, Pengamat Apresiasi Keberhasilan Arinal Bangun Infrastruktur di Lampung

img
Suasana pasar di Provinsi Lampung.

MOMENTUM, Lampung-- Gubernur Lampung periode 2019 – 2024, Arinal Djunaidi mengatakan pembangunan infrastruktur jalan di seluruh wilayah Lampung sudah mencapai 76 persen berupa cor semen.

Pengamat kebijakan publik Universitas Lampung (Unila) Eko Budi Sulistio mengakui pembangunan infrastruktur di masa kepemimpinan Arinal berimbas positif terhadap pertumbuhan ekonomi.

Menurutnya, hal itu patut diapresiasi. Pasalnya, dengan infrastruktur yang memadai, seperti jalan, secara langsung menunjang kelancaran aktivitas ekonomi masyarakat, seperti distribusi barang – barang logistik hasil produsen maupun hasil pertanian dapat terdistribusi secara efektif dan efisien.

“Banyak jalan-jalan diperbaiki baik jalan provinsi maupun jalan kabupaten kota. Apa yang disampaikan oleh gubernur tentang efek infrastruktur jalan terhadap membaiknya perekonomian masyarakat memang ada benarnya,” ujar Eko Sabtu (14/9/2024).

Eko menambahkan meskipun kondisi jalan di Lampung sempat menjadi sorotan nasional karena viral dan mendapat perhatian khusus dari Presiden Joko Widodo (Jokowi), namun setelah itu pemerintah provinsi bergerak cepat melakukan perbaikan.

Tetapi, apapun alasannya kondisi jalan di Lampung saat ini sudah jauh lebih baik dan harus dilanjutkan pembangunannya sehingga merata sampai 100% di seluruh wilayah Lampung.

“Namun apapun alasan dan latar belakang, pembangunan jalan yang dilakukan oleh pemprov Lampung patut diapresiasi dan tentu saja harus dilanjutkan oleh siapapun gubernurnya mendatang,” ucapnya.

Eko menegaskan infrastruktur menjadi hal yang sangat penting untuk kemajuan dan pengembangan ekonomi masyarakat di suatu daerah, karena dengan infrastruktur yang bagus akan memudahkan mobilitas dan konektivitas ekonomi satu daerah dengan daerah lainnya.

“Jalan merupakan salah satu infrastruktur pendukung keberhasilan pembangunan yang sangat penting. Jalan yang baik akan meningkatkan aksesibilitas dan perekonomian masyarakat,” tukasnya.

Sebelumnya diketahui, bersamaan dengan capaian infrastruktur sebesar 76% yang akan terus ditingkatkan, Arinal yang saat ini juga maju kembali menjadi calon Gubernur Lampung pada Pilkada 2024 akan lebih menggiatkan lagi pembangunan infrastruktur dengan membangun jalur kereta di tengah jalan tol dan juga ingin membangun dua pelabuhan baru demi membawa Lampung lebih maju.

"Janji kita kepada Allah, kita betul-betul ingin membangun Lampung agar lebih maju. Insyaallah kita akan bangun kereta api dari Bakauheni ke Palembang di tengah-tengah jalan tol," kata Arinal.

Arinal yang maju didampingi Sutono sebagai calon wakil gubernur mengatakan sudah ada investor yang menunggu rencana pembangunan tersebut, namun menunggu Arinal dan Sutono dilantik terlebih dahulu menjadi gubernur dan wakil gubernur periode selanjutnya.

“Untuk itu, kita harus menang. Ini saya sampaikan karena investornya sudah menunggu. Tapi kalau ini tidak jadi, jangan salahkan saya. Tapi mudah-mudahan kami jadi," ungkapnya.

Selain infrastruktur, Arinal juga akan terus memperhatikan sektor pertanian dan masyarakat desa, karena selama menjabat sebagai gubernur ia berhasil menjadikan Provinsi Lampung sebagai lumbung pangan nasional.

"Saya sudah menyatakan kepada presiden bahwa Lampung akan jadi provinsi pertama yang akan mendirikan dan membangun lumbung pangan Indonesia. Karena dasarnya memang sudah ada. Dan sampai hari ini kita masih jadi provinsi terbaik di Sumatera, dan insyaallah apabila saya terpilih bersama Pak Sutono, kita mulai membangun mulai dari desa, ini janji saya," tukasnya.(**)






Editor: Agus Setyawan





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos