Dorong Transisi Energi Berkelanjutan, Telkomsel dan MAB Indonesia Sepakat Kembangkan Ekosistem Kendaraan Listrik

img
Telkomsel dan Mobil Anak Bangsa (MAB) Indonesia jalin kesepakatan terkait kendaraan listrik.

MOMENTUM, Badung-- Telkomsel dan PT Mobil Anak Bangsa Indonesia (MAB) menandatangani Nota Kesepahaman (MoU) untuk bersama-sama mengembangkan ekosistem kendaraan listrik (EV) yang lebih terintegrasi dan ramah lingkungan. Penandatanganan ini dilakukan dalam ajang Periklindo Electric Vehicle Conference 2024 di Bali pada tanggal 12 September 2024, sebagai upaya mendukung agenda pemerintah Indonesia dalam mencapai netralitas karbon pada 2060 dan mendorong penggunaan energi terbarukan di sektor transportasi.

Kolaborasi ini akan menggabungkan solusi teknologi seluler terkini dari Telkomsel dengan keunggulan MAB dalam menyediakan kendaraan listrik dan infrastruktur pendukungnya. Sebagai penyedia layanan telekomunikasi digital terbaik di regional, Telkomsel akan menyediakan konektivitas yang andal, layanan inovatif, dan solusi berbasis teknologi, termasuk Internet of Things (IoT) dan broadband untuk meningkatkan efisiensi operasional kendaraan listrik, serta mendukung berbagai sektor industri seperti perkebunan, pertambangan, manufaktur, hingga otomotif, dalam mengadopsi teknologi mobilitas yang lebih ramah lingkungan.

VP Area Account Management Telkomsel, Nyoman Adiyasa, menyatakan, "Kami berharap kerja sama dengan MAB dapat mempercepat pengembangan ekosistem kendaraan listrik yang lebih efisien dan ramah lingkungan di berbagai sektor. Dengan memanfaatkan teknologi seluler terkini seperti jaringan broadband, konektivitas kendaraan, manajemen operasi armada, hingga pemantauan energi, kami berkomitmen untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas secara keseluruhan. Ke depan, Telkomsel juga akan mengembangkan kolaborasi guna mengakselerasi perkembangan industri Electric Vehicle dengan MAB untuk penyediaan solusi digital unggulan lainnya, seperti konektivitas yang mencakup telematik dan hiburan, hingga pemantauan kondisi kendaraan dan lokasi pengisian daya langsung dari dashboard. Kami percaya bahwa pasti ada solusi untuk setiap tantangan menciptakan pengalaman berkendara yang lebih nyaman, terhubung, dan berkualitas, sejalan dengan komitmen kami untuk transformasi digital yang berkelanjutan di seluruh Indonesia."

Dengan memperkuat ekosistem EV yang lebih ramah lingkungan, Telkomsel pun berharap dapat mendukung kontribusi nyata terhadap pencapaian target netralitas karbon Indonesia 2060. Untuk mendorong pertumbuhan ekonomi berbasis energi terbarukan, #PastiAdaSolusi Berani Jadi Lebih mempercepat langkah Indonesia menuju masa depan yang lebih hijau dan berkelanjutan.

Presiden Direktur PT Mobil Anak Bangsa Indonesia, Kelik Irwantono, mengatakan, “Kemitraan strategis ini adalah langkah penting dalam mempercepat transformasi industri otomotif Indonesia menuju energi bersih dan berkelanjutan. Dengan dukungan solusi digital dari Telkomsel, MAB yakin mampu menghadirkan kendaraan listrik berkelas dunia yang tidak hanya mengurangi emisi karbon, tetapi juga mendukung pertumbuhan ekonomi nasional."

Dengan lebih dari 29 tahun kepemimpinan di industri telekomunikasi digital Indonesia dan penguasaan pasar hingga 56%, Telkomsel telah menyediakan konektivitas broadband terdepan dan terluas yang menjangkau lebih dari 97% populasi di seluruh Indonesia. Berperan sebagai mobile product powerhouse Telkom Group yang berfokus menghadirkan layanan di segmen bisnis (B2B), Telkomsel, melalui unit Telkomsel Enterprise, juga telah mendukung ratusan ribu kendaraan listrik yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia dengan solusi teknologi seluler terkini. Hal ini sejalan dengan komitmen implementasi prinsip Environmental, Social, and Governance (ESG) dalam proses bisnis Telkomsel yang juga ditujukan untuk menciptakan dampak positif terhadap bumi dan lingkungan secara berkelanjutan.

Informasi selengkapnya mengenai ragam solusi teknologi seluler terkini untuk segmen bisnis dari Telkomsel, dapat diakses pada laman tsel.id/enterprise.(**)






Editor: Agus Setyawan





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos