Rakornas Baznas RI di Ibukota Nusantara, Dihadiri Pimpinan Baznas Lampung

img
Rakornas Baznas RI di Ibukota Nusantara, Dihadiri Pimpinan Baznas Lampung

MOMENTUM, Bandarlampung--Pertama dalam sejarah Pembukaan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas)  Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) 2024 diselenggarakan di Istana Negara, Ibu Kota Nusantara (IKN), pada Rabu 25 September -- 27 September 2024.

Presiden RI Joko Widodo Membuka Langsung Rakornas Kali ini di Istana Negara IKN,  sambutannya  menekankan akan pentingnya pengelolaan zakat yang profesional,Tranparan dan Akuntabel dengan menagemen Digitalisasi Pelayanan sehingga memudahkan masyarakat untuk berzakat, Infaq dan Sedekah.

Ketua Umum Baznas RI Prof. Dr. KH. Noor Achmad amat berterima kasih kepada Presiden RI Joko Widodo dalam sambutannya Karena diperkenankannya mengadakan acara Rakornas ini di Istana Negara, Ibu Kota Nusantara, dan juga Rakornas kali ini Momen penting bagi Baznas tapi sekaligus juga tonggak sejarah yang memukakan komitmen Baznas untuk terus mendukung agenda pembangunan nasional dalam mensejahterakan seluruh Rakyat Indonesia.

Delegasi Peserta Baznas Provinsi Lampung  yang Hadir dalam acara tersebut adalah Ketua BAZNAS Lampung, KH. Komarunizar, S.Ag. M.Pd.I, Wakil Ketua I Indriani Dewi, Wakil Ketua II Iskandar Zulkarnain, Wakil Ketua III Asep Abdul Basith dan Wakil Ketua IV Lukmanul Hakim, Serta para Pimpinan Baznas Kabupaten/Kota se-Provinsi Lampung.

Respon positifpun dikemukakan KH. Komarunizar, M.Pd.I selaku Ketua BAZNAS Provinsi Lampung yang meminta setiap pimpinan Baznas di daerah harus memahami potensi daerah masing-masing, seperti potensi zakatnya seberapa besar, apa targetnya dan tak kalah pentingnya melakukan SMART Goals seperti mengidentifikasikan, kelebihan, kekurangan, tantangan dalam melaksanakan program-program Baznas kedepannya, sehingga Implementasi program pengentasan kemiskinan dalam membantu para mustahik zakat dapat tepat sasaran, efektif dan efisien. Dan tak kalah pentingnya sinergisitas dengan seluruh komponen terutama Kepala Daerah (Gubernur, Walikota dan Bupati) penentu kebijakan harus lebih di masipkan lagi di samping juga seluruh Stakeholder. Baznas adalah Mitra Pemerintah yang selalu siap mendukung dan melaksanakan program-program pemerintah untuk mensejahterakan rakyat menuju Indonesia Emas 2045.

Dalam kesempatan tersebut, Kiai Nizar juga menyampaikan  inisiatif new program yang telah dilakukan dan akan dilaksanakan Baznas propinsi Lampung, sekalipun saat ini pengumpulan zakat, Infaq dan Sedekah masih diprioritaskan pada Zakat profesi ASN Provinsi Lampung. Ada beberapa program unggulan menyentuh dan berdampak pada pengentasan kemiskinan, pemberdayaan ekonomi umat yang diImplementasikan oleh Baznas Provinsi Lampung, antara lain :

1. Program Desa Baznas di 15 Kabupaten/Kota se-provinsi Lampung, yang saat ini baru dua Kabupaten yang telah louncing dan sedang berjalan yaitu di Desa Madukoro Baru Kabupaten Lampung Utara dan di Kampung Menggala Kecamatan Menggala Timur Kabupaten Tulangbawang. Program konkretnya pemberdayaan masyarakat dengan budi daya ternak Kambing, yang outcome dari program ini adalah pengentasan kemiskinan, peningkatan taraf hidup kesejahteraan masyarakat pedesaan melalui usaha budidaya ternak, terbentuknya lapangan usaha baru di bidang budidaya ternak yang berkelanjutan, terbentuknya klaster peternakan baru dan peningkatan populasi ternak di Provinsi Lampung;

2. Inisiasi Peningkatan Kesehatan Masyarakat Melalui program didirikannya Rumah Sehat Baznas di Kabupaten Lampung Tengah dan di Kabupaten Pesawaran;

3. Peningkatan Profesional, Transparansi dan akuntability pelayanan Zakat Infaq dan Sedekah, melalui Traning Jurnalistik digital Zakat se-Sumbagsel dan Sumbar, yang dilaksanakan pertama kali di Indonesia. Program ini di apresiasi oleh seluruh komponen masyarakat terutama Baznas RI dan Para Pimpinan Baznas se-Indonesia;

4. Melaksanakan Pelatihan Literasi zakat, untuk memberikan pemahaman tentang perzakatan, baik dalam penguatan managemen pelayanan zakat, maupun Implementsi pendistribusian zakat yang efektif dan efisien;

5. Pemberi beasiswa study, untuk mahasiswa yang ingin melanjutkan pendidikannya di jenjang tinggi, serta pemberian Santunan untuk mahasiswa Palestina yang melaksanakan study di UIN Raden Intan Lampung dan Unila.

"Hasil Rakornas BAZNAS 2024 ini akan diimplementasikan melalui Rapat Koordinasi Daerah (Rakorda) BAZNAS Provinsi Lampung yang rencananya Insya Allah akan dilaksanakan bulan November, dan Insya Allah akan dibuka oleh Pj Gubernur Lampung, Dr. Drs. Samsudin, SH., MH. M.Pd, serta dihadiri Pimpinan Baznas RI, dan seluruh Pimpinan Baznas kabupaten/kota," ungkapnya.

Closing Statement Kyai Nizar Ketua Baznas Propinsi Lampung, mengapresiasi kerja Cepat, Luarbiasa dengan waktu yang injury time Kepada BAZNAS RI dan Panitia, dalam mempersiapkan Rakornas Baznas RI di Kalimantan Timur ini, terkhusus sekali kepada Ketua Umum BAZNAS RI Romo Kyai Prof. Dr. Noor Achmad, MA serta seluruh Pimpinan Baznas RI, dan terutama juga kepada Korwil Baznas Provinsi Lampung, Romo Kyai Prof. Dr. Nadratuzzaman Hosen. Juga terima kasih kepada seluruh Pimpinan Baznas Provinsi Lampung dan Pimpinan Baznas Kabupaten/Kota se-Provinsi Lampung, semoga tetap Kompak dalam melaksanakan tugas mulia ini menjadi Pahlawan Kemanusiaan di bidang Perzakatan.(**)






Editor: Agus Setyawan





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos