Perakitan Kapal Milik Pemprov Lampung Ditarget Selesai Awal Tahun

img
Ilustrasi

MOMENTUM, Bandarlampung-- Perakitab Kapal Dalom Lintas Berjaya milik Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung ditarget selesai pada awal Januari 2025.

Direktur Utama PT Lampung Jasa Utama Arie Sarjono mengatakan, saat ini progres perakitan kapal tersebut telah mencapai 75 persen.

"Diperkirakan memang tidak di akhir tahun ini. Tapi awal tahun 2025, baru dikirim dari China," kata Arie, Jumat (4-10-2024).

Dia menjelaskan, untuk tahap penyelesaian akan dilakukan di Tanjung Priok. Mulai dari pemasangan ornamen hinga pengaturan desainnya.

Dia menjelaskan, Kapal Dalom Lintas Berjaya itu dibuat agar dapat lebih irit bahan bakar dan waktu tempuh sama dengan kapal yang sudah ada.

"Jadi ketika kapal sudah sampai kita akan sama-sama cek berapa kapasitasnya hingga kecepetannya. Jadi kita belum tahu kapasitasnya berapa," jelasnya.

Menurut dia, kapal tersebut akan dioperasionalkan PT Trans Lampung Utama, anak perusahaan LJU untuk melayani penyeberangan dari Pelabuhan Bakauheni - Merak Banten.

"Untuk operasionalnya nanti akan dilakukan oleh anak usaha kita yaitu Trans Lampung Utama yang memang bergerak dibidang perhubungan," tuturnya

Sementara itu Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Lampung, Bambang Sumbogo mengatakan,  kapal tersebut direncanakan bisa menampung 150 kendaraan.

"Kapal ini akan diberi nama Dalom Lintas Berjaya, kapasitasnya lebih besar dari Kapal Legundi. Kapal ini akan bernuansa Lampung di semua ruangan, kalau bisa ada ruang untuk bisa mengadakan kegiatan disana," jelasnya.

Dalam pembuatan kapal itu, Pemprov Lampung bekerjasama dengan PT Damai Lautan Nusantara dengan nilai investasi kurang lebih Rp170 miliar.

Pemprov Lampung melalui PT Lampung Jasa Utama melakukan penandatanganan MoU dengan PT Damai Lautan Nusantara yang dilakukan pada Kamis, 21 Desember 2023 yang lalu.

PT Damai Lautan Nusantara merupakan badan usaha yang bergerak di bidang angkutan penyeberangan dan pelayanan setelah kepelabuhan yang mengoperasikan kapal-kapal jenis Ferry RoRo. (**)









Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos