Tulangbawang Lumbung Padi di Lampung, Luas Sawah Capai 46,8 Ribu Ha

img
Penjabat (Pj) Bupati Tulangbawang Ferli Yuledi, menghadiri Panen Raya Padi Inbrida di Kampung Sumberagung, Kecamatan Rawapitu, Rabu 9 Oktober 2024. Foto. A Rohman.

MOMENTUM, Rawapitu--Penjabat (Pj) Bupati Tulangbawang Ferli Yuledi, menghadiri Panen Raya Padi Inbrida di Kampung Sumberagung, Kecamatan Rawapitu, Tulangbawang, Rabu 9 Oktober 2024.

Ferli mengatakan, panen raya tersebut merupakan bukti keberhasilan program pompanisasi dan berbagai upaya peningkatan produktivitas pertanian di wilayah yang sebelumnya rentan terhadap dampak kemarau.

"Panen raya ini disambut dengan antusias oleh masyarakat dan para petani yang telah merasakan manfaat dari program pengairan yang lebih baik. Menteri Pertanian dalam sambutannya mengapresiasi semangat para petani Sumberagung yang terus berjuang menjaga stabilitas produksi pangan meskipun menghadapi berbagai tantangan cuaca," kata Ferli Yuledi.

Selain itu, dia juga menekankan pentingnya menjaga momentum ini dengan menyiapkan lahan untuk penanaman berikutnya pada Oktober, agar Lampung tetap menjadi penyuplai pangan nasional.

"Acara panen raya ini diharapkan menjadi inspirasi bagi daerah-daerah lain untuk terus berinovasi, dan meningkatkan produktivitas pada sektor pertanian di Indonesia," terang Ferli Yuledi.

Dia juga menyampaikan Kementerian Pertanian terus meningkatkan produktivitas pertanian di Kecamatan Rawapitu, dengan metode seperti Biosaka, intensifikasi, dan ekstensifikasi. Pada panen raya, produktivitas padi mencapai 7 ton/hektare, lebih tinggi dari sebelumnya. 

"Bantuan berupa optimalisasi lahan dan alat pertanian, termasuk traktor dan pompa air, turut mendukung program ini. Luas sawah di Tulangbawang mencapai 46.832,23 hektare, menjadikannya salah satu lumbung padi terbesar di Lampung," kata Ferli.  (**)






Editor: Muhammad Furqon





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos