Cegah Kecurangan PIlkada, Bawaslu Sosialisasi Pengawasan Partisipatif

img
Sosialisasi pengawasan partisipatif kepada pemilih pemula di Balikbukit, Lampung Barat. Foto. Sulemy.

MOMENTUM, Balikbukit -- Untuk pencegahan kecurangan pada pemilihan kepala daerah (pilkada) 2024, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Lampung Barat (Lambar) melakukan sosialisasi pengawasan partisipatif kepada pemilih pemula.

Sosialisasi berlangsung di Gedung Budaya Lamban Pancasila, Kelurahan Waymengaku, Kecamatan Balikbukit, Selasa 8 Oktober 2024. Diikuti seratur pelajar SLTA dari kecamatan setempat.

Kordinator Divisi Pencegahan Parmas dan Humas Bawaslu Lambar, Tamam Mulhadi mengetakan, sebantak 30 persen pemilih pemula atau genrasi Z mempunyai peran penting pada Pilkada Lambar 2024. 

"Pemilih pemula di Pilkada Lampung Barat mempunyai peran yang penting dalam menentukan pemimpin daerah untuk lima tahun kedepan.Tahun ini terdapat pemilih pemula yang baru pertama kali akan menggunakan hak pilihnya, terdapat 20-30 persen jumlah suara pemilih pemula pada Pemilu dan Pilkada 2024. Artinya, 30 persen suara Pilkada bergantung pada pilihan anak muda," katanya.

Tamam mengatakan, dengan kegiatan sosialisasi tersebut menjak pemilih pemula untuk ikut melakukan pengawasan pada pelaksanaan pilkada mendatang.

“Pelajar atau generasi muda dapat melakukan aksi-aksi pencegahan dengan cara pelajar mau mengajak pelajar lainnya menolak hoax, pelajar saling mengedukasi cara memilih pemimpin yang smart,” ujarnya.

Selain itu, Tamam menerangkan, bahwa pelajar selaku pemilih pemula dapat mempengaruhi teman-temannya dilingkungan sekolah untuk menolak politik uang.

“Dan atau ikut memberikan informasi awal dugaan pelanggaran, maupun tindakan nyata berani melaporkan dugaan pelanggaran peserta pemilu kepada Bawaslu,” pungkasnya. (**)






Editor: Muhammad Furqon





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos