Apresiasi Arinal, Rencana Pembangunan Pelabuhan di Lampung Timur Bakal Tarik Investor 

img
Calon Gubernur Lampung, nomor urut 1, Arinal Djunaidi.

MOMENTUM, Lampung--Rencana calon Gubernur Lampung, Arinal Djunaidi, untuk membangun pelabuhan di Kecamatan Labuhan Maringgai, Lampung Timur, mendapat dukungan dari Analis Kebijakan Publik Universitas Lampung, Eko Budi Sulistio. 

Menurut Eko, pelabuhan merupakan sarana yang sangat penting bagi masyarakat yang berada di wilayah perairan dan mengandalkan transportasi sebagai akses utama, baik untuk orang maupun barang. 

“Pelabuhan merupakan sarana yang sangat penting bagi masyarakat yang berada di wilayah perairan, mengingat akses utama transportasi mereka, baik untuk orang maupun barang,” ujar Eko saat dihubungi, Sabtu (12-10-2024). 

Ia menambahkan, pemerintah harus memikirkan serta menyediakan pelabuhan yang memadai untuk meningkatkan aksesibilitas dan perekonomian masyarakat. 

“Untuk wilayah tersebut, pemerintah harus memikirkan dan menyediakan pelabuhan yang memadai agar aksesibilitas dan perekonomian masyarakat dapat meningkat,” katanya. 

Eko juga menjelaskan bahwa semakin banyak alternatif akses transportasi di suatu daerah, maka hal itu akan menjadi daya tarik bagi investor untuk berinvestasi. 

“Semakin banyak alternatif akses transportasi di suatu daerah, jelas akan menarik minat investor untuk berinvestasi di sana,” tegasnya. 

Namun, Eko juga menyoroti pentingnya memastikan bahwa akses transportasi yang ditawarkan mudah, murah, aman, dan nyaman untuk memastikan efektivitasnya sebagai jalur logistik. 

“Yang paling penting adalah apakah akses tersebut mudah, murah, aman, dan nyaman sebagai jalur logistik,” jelasnya. 

Selain itu, Eko menekankan bahwa setiap pembangunan yang dilakukan pemerintah pasti memiliki dampak, baik positif maupun negatif. Salah satu dampak positif dari pembangunan pelabuhan ini adalah penyerapan tenaga kerja. 

“Setiap pembangunan yang dilakukan pemerintah pasti memiliki dampak bagi masyarakat, baik positif maupun negatif. Salah satu dampak positif dari pembangunan ini adalah penyerapan tenaga kerja, baik yang bersifat temporer maupun berkelanjutan,” pungkas Eko.(**)






Editor: Agus Setyawan





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos