Wahana Wisata Alam 21, Wujud Program Prorakyat Winarti

img
Wisata Alam 21 yang terletak di Kampung Ajimesir, Kecamatan Gedungaji, Kabupaten Tulangbawang. Foto. A Rohman.

MOMENTUM, Tulangbawang--Salah satu program unggulan prorakyat pada masa kepemimpinan Winarti, Bantuan Usaha Ekonomi Produktif yang digulirkan melalui program Bergerak Melayani Warga (BMW), telah memunculkan inovasi dan kreatifitas baru warga di kampung-kampung. Salah satunya, wahana Wisata Alam 21.

Sekretaris PDI-P Tulangbawang Sopi'i, menjelaskan, Wisata Alam 21 lahir dari program unggulan BMW. Melalui kelompok yang dibentuk, warga memanfaatkan bantuan Rp20 juta dari Pemkab Tulangbawang untuk membuka aneka usaha mandiri penunjang ekonomi keluarga.

"Dua kelompok yang mendapat bantuan yakni Karang Taruna dan PKK, berkolaborasi menciptakan wahana Wisata Alam 21 yang terletak di Kampung Ajimesir, Kecamatan Gedungaji," jelas Sopi'i kepada harian momentum, Ahad, 13 Oktober 2024.

Selain menciptakan lapangan kerja baru di kampung tersebut, juga berdampak pada peningkatan ekonomi warga, tidak semata anggota kelompok, UMKM juga semakin berkembang.

"Betapa tidak, dengan adanya wisata Alam 21 yang ditunjang oleh pemandangan indah bernuansa alami, para wisatawan pun berdatangan ke kampung yang awalnya sepi itu. Berkat stimulan dari pemerintah daerah ini, Wisata Alam 21 lahir dan banyak didatangi oleh wisatawan lokal maupun luar Tulangbawang," terang Sopi'i.

Lanjut Sopi'i, lahirnya Wisata Alam 21 ternyata juga berdampak baik bagi kehidupan ekonomi masyarakat setempat. Wisata Alam 21 dinilai berhasil melambungkan nama daerah dan mendongkrak perekonomian warga sekitar," ujar Sopi'i.

Ditambahkan Sopi'i, lokasi Wisata Alam 21 setidaknya memiliki luas sekitar satu hektare. Destinasi Wisata Alam 21 menyajikan keindahan panorama alam hutan mangrove dan jernihnya air Sungai Pidada yang tersambung dengan Sungai Tulangbawang.

"Bagi para wisatawan, sangat direkomendasikan untuk datang pada medio bulan Oktober hingga Desember. Sebab pada masa itu Wisata Alam 21 air di lokasi destinasi ini akan berwarna kebiruan yang terlihat begitu indah," jelas Sopi'i.

Wisata Alam 21 juga memiliki beberapa fasilitas penunjang untuk para wisatawan. Diantaranya: spot foto yang sangat instagramable, kedai permanen, aula khusus, saung, spot foto pinggir sungai, tempat pemandian anak, rumah pohon, musala, dan aula karoke keluarga.

"Destinasi peraih Anugerah Desa Wisata Indonesia Tahun 2021 ini setiap tahunnya selalu berbenah demi memanjakan para wisatawan. Akses menuju Wisata Alam 21 saat ini juga terbilang cukup baik. Untuk sampai ke destinasi ini, para wisatawan hanya membutuhkan waktu sekitar 2 jam dari pusat pemerintahan Kabupaten Tulangbawang," papar Sopi'i. (**)






Editor: Muhammad Furqon





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos