Empat Ruas Jalan di Lampung Diperbaiki Bersama Swasta

img
Perbaikan ruas Jalan Talangpadang - Ngarip

MOMENTUM, Bandarlampung--Program Bersama Kita Benahi Jalan Rusak (Berkibar) yang digaungkan Pemerintah Provinsi (Pemprov) mulai terlaksana.

Hingga saat ini, sudah tiga ruas jalan yang diperbaiki dengan kerjasama Dinas Bina Marga dan Bina Konstruksi (BMBK) Lampung.

Tiga ruas itu: Talangpadang-Ngarip di Tanggamus yang diperbaiki dengan PT Pertamina Geothermal Energy (PGE). Lalu, Ruas Tajab - Adijaya di Waykanan yang diperbaiki dengan PT Pemuka Sakit Manis Indah (PSMI).

Selanjutnya, Ruas Simpang Blok 9 - Sanggi di Tanggamus yang diperbaiki bersama PT Natarang Mining dan PT Tanggamus Electric Power.

Terakhir, Ruas Adijaya - Tulungrandu di Tulangbawang Barat yang diperbaiki bersama PT Bumi Sakti Perdana Laujaya dan PT Sungai Budi Group.

Hal itu disampaikan Sekretaris Dinas BMBK Lampung Sukmawan Hendryanto mewakili Kepala Dinas M Taufiqullah saat diwawancarai, Senin (14-10-2024).

"Program ini terus berjalan. Alhamdulillah sampai saat ini terus bertambah," kata Hendry.

Dia merinci, untuk di ruas Tajab - Adijaya, PT PSMI menggelontorkan anggaran Rp3,5 miliar menangani lapisan dasar atau base dalam perbaikan jalan.

"Jadi mereka yang pondasinya. Sedangkan kita yang melakukan pengaspalannya," jelasnya.

Dia mengatakan, Dinas BMBK menganggarkan Rp10 miliar untuk pengaspalan di ruas tersebut.

"Kedepannya kita akan lakukan MoU bersama PSMI. Karena mereka ingin terus terlibat kedepannya," sebutnya.

Selanjutnya, perbaikan ruas Talangpadang - Ngarip yang seluruh ditangani PT PGE.

Berikutnya, ruas Simpang Blok 9 - Sanggi yang ditangani PT Natarang Mining dan PT Tanggamus Electric Power. 

"Dua perusahaan ini sebenarnya memang sudah lama melakukan perbaikan-perbaikan jalan rusak di ruas tersebut. Jadi mereka memang sering melakukan perbaikan-perbaikan kalau seperti tambal sulam," terangnya.

Terakhir, Ruas Adijaya - Tulungrandu yang diperbaiki PT Bumi Sakti Perdana Laujaya dan PT Sungai Budi Group.

Menurut dia, dua perusahaan tersebut menyediakan masing-masing 1000 kubik material.

"Jadi kita menyediakan alat beratnya untuk melakukan perbaikan. Mereka hanya menyediakan materialnya saja," jelasnya.

Sebelumnya, Pjs General Manager PT. Pertamina Geothermal Energy, Rizaldy mengatakan bahwa program perbaikan jalan ini merupakan salah satu komitmen perusahaan untuk memberikan manfaat bagi masyarakat sebagai bagian dari program Corporate Social Responsinility (CSR) PT. Pertamina Geothermal Energy. 

Terkait dengan penanganan perbaikan jalan, Rizaldy mengatakan bahwa  pekerjaan ini adalah pekerjaan penanganan titik-titik longsor di ruas jalan provinsi Talangpadang -Ngarip untuk menjamin aksesibilitas masyarakat terus berjalan dengan lancar. 

Rizaldy sangat menyambut baik program kerjasama PT. pertamina Geothermal Energy dengan Pemerintah Provinsi Lampung dan berharap agar kerjasama ini dapat terus dilaksanakan kedepannya. 

"Mudah-mudahan kerjasamanya ini bisa terus kita laksanakan Pak, untuk lebih lancar komunikasi dan koordinasi ke depan, jadi mungkin ini juga bukan satu-satunya kerjasama dan banyak hal yang bisa kita kerjasamakan, pada intinya untuk bermanfaat bagi masyarakat," katanya. (**)










Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos