Sore ini, Tujuh Komisioner KPU Lampung Dilantik

img
Ilustrasi. Ist

MOMENTUM, Bandarlampung--Tujuh Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Lampung periode 2024-2029, akan dilantik pada sore ini, Selasa (15-10-2024). 

Pelantikan berlangsung di kantor KPU RI di Jakarta, sekitar pukul 16.00 WIB. 

"Benar, kami mendapat undangan dari KPU RI untuk menghadiri pelantikan di Jakarta pada sore ini," kata Anggota KPU Lampung Hermansyah, Selasa (15-10-2024).

"Pelantikannya jam 4 sore di kantor KPU RI, tapi jam 3 ini gladi resik dulu," imbuhnya.

Hermansyah menjelaskan, saat ini tujuh orang Anggota KPU Lampung yang akan dilantik sudah berada di Jakarta.

"Sudah di Jakarta semua dari kemaren sore, tapi belum bertemu sama yang lain karena beda tempat menginap," kata dia.

Ditanya soal langkah awal yang akan dilakukan pasca dilantik, Hermansyah mengaku segera melakukan adaptasi dengan anggota serta sekretariat KPU Provinsi Lampung.

"Yang pasti memperkanalkan diri, adaptasi dengan sekretariat," ujarnya.

Dia menyebut, tujuh orang anggota KPU Lampung yang akan dilantik mayoritas telah berpengalaman di bidang penyelenggaraan pemilu.

Sehingga, pihaknya tinggal mematangkan kesiapan teknis dalam menghadapi Pilkada Serentak 2024 yang akan berlangsung pada 27 November mendatang.

"Tahapan ini sebenarnya sudah runing sudah terjadwal semua, logistik dan lain-lain juga sudah jalan. Selanjutnya, kita tinggal memastikan kesiapan distribusi dan teknis lainnya berjalan dengan baik," terangnya.

"Tujuh orang ini mayoritas mantan penyelenggara, sehingga tidak ada sesuatu yang baru, perbedaan hanya titik tertentu saja, bukan masalah substansi," imbuhnya.

Terkait jabatan struktural komisioner KPU Lampung 2024-2029, Herman mengatakan nanti setelah pelantikan pihaknya akan segera melakukan rapat pleno.

"Untuk ketua dan divisi pengampu masing-masing itu ditentukan pada rapat pleno nanti," kata dia.

Namun, ia belum bisa memastikan kapan rapat pleno itu akan dilangsungkan.

"Untuk waktunya balum ditentukan karena saya juga belum ketemu dengan yang lain, bisa jadi langsung dibahas di Jakarta atau di Lampung juga bisa," kata dia.

"Tapi aturannya satu hari setelah pelantikan kami diwajibkakn sudah berada di kantor masing-masing," pungkasnya.

Tujuh Anggota KPU Provinsi Lampung Periode 2024-2029 yang akan dilanti: Ahmad Zamroni, Angga Lazuardy, Dedi Fernando, Ervhan Jaya, Erwan Bustami, Febri Indra Kurniawan, dan Hermansyah. 

Ahmad Zamroni merupakan Ketua Senat Institut Al-Ma'arif Way Kanan (ILMAWA). Angga Lazuardy adalah Ketua KPU Tanggamus. Dedi Fernando merupakan Ketua Bawaslu Tanggamus.

Selanjutnya, Ervhan Jaya saat ini menjabat sebagai Kepala Bidang Pengembangan SDM pada Badan Kepegawaian dan Pengembangan SDM Kabupaten Pesawaran.

Erwan Bustami merupakan petahana yang juga Ketua KPU Lampung, yang sebelumnya juga dua periode menjabat Anggota KPU Waykanan (2008-2018). 

Berikutnya, Febri Indra Kurniawan berlatar belakanh pengacara atau advokat.

Terakhir, Hermansyah merupakan mantan Anggota Bawaslu Lampung periode 2014-2029. (**)






Editor: Muhammad Furqon





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos