Pimpin Rakor Sekda Kabupaten/Kota, Fahrizal Tekankan Soal Netralitas ASN

img

MOMENTUM, Bandarlampung--Sekretaris Provinsi Lampung Fahrizal Darminto memimpin Rapat Koordinasi (Rakor) Sekretaris Daerah Kabupaten/Kota di Aula Grand Elty, Lampung Selatan, Selasa (15-10-2024).

Dalam rakor ini, Fahrizal memberikan arahan terkait akselerasi dan keterpaduan perencanaan pembangunan serta netralitas ASN dalam penyelenggaraan pilkada tahun 2024 di Provinsi Lampung.

Fahrizal menekankan pentingnya menjaga netralitas ASN selama penyelenggaraan Pilkada 2024.  

“Netralitas ASN dalam pilkada adalah kunci untuk menjaga integritas pemerintahan, dan kita harus mendukung tercapainya Pilkada yang bersih dan adil,” ujarnya.

Fahrizal mengingatkan bahwa kesadaran akan netralitas ASN perlu ditingkatkan di seluruh jajaran. “Kita harus waspada terhadap pelanggaran netralitas, baik karena tekanan politik, hubungan kekerabatan, atau faktor lain," tegasnya

Fahrizal juga mengingatkan jika ada pelanggaran, segera laporkan ke Bawaslu. Ini penting agar ASN tidak terkena sanksi hukum yang bisa merugikan karier mereka

Lebih lanjut, Sekdaprov Fahrizal menekankan pentingnya sinergi dalam perencanaan pembangunan daerah.

“Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) sebagai kerangka dasar penyusunan APBD 2025 harus selaras dengan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah serta program prioritas nasional,” ujar Fahrizal.

Selain itu, Fahrizal mengingatkan agar penyusunan APBD Provinsi Lampung tahun anggaran 2025 memperhatikan Peraturan Daerah Nomor 14 Tahun 2023 tentang Rencana Tata Ruang Wilayah Provinsi Lampung Tahun 2023-2043.

Dalam APBD Provinsi Lampung tahun 2024, Fahrizal menegaskan bahwa prioritas utama adalah realisasi belanja wajib yang dirasakan langsung oleh masyarakat. 

“Kita harus meningkatkan fiskal fiskal daerah dan fokus pada realisasi belanja yang berdampak langsung pada kesejahteraan masyarakat kabupaten/kota,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Pelaksana Rakor Binarti menjelaskan bahwa rakor ini bertujuan mempercepat dan menyelaraskan program pembangunan di Provinsi Lampung. 

“Kita harus memastikan bahwa semua program pembangunan dapat berjalan berkesinambungan dan terkoordinasi dengan baik di setiap kabupaten/kota,” kata Binarti.

Menurut Binarti, penguatan komitmen dalam menuntaskan pembangunan daerah, serta menjaga netralitas ASN dalam penyelenggaraan pemerintahan, menjadi perhatian utama dalam rakor ini. 

“Kita juga perlu mengidentifikasi tantangan yang mungkin muncul selama pelaksanaan Pilkada 2024,” tambahnya.

Rakor yang dihadiri seluruh Sekda kabupaten/kota se-Provinsi Lampung ini menjadi momentum penting untuk memperkuat sinergi antara pemerintah provinsi dan kabupaten/kota.

Rakor ini diharapkan dapat mengambil langkah-langkah strategi untuk mempercepat implementasi pembangunan di daerah masing-masing serta menjaga penyelenggaraan Pilkada. (**)









Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos