Kumpul Bareng Petani dan Nelayan, Mirza Bakal Jadikan Lampung Basis Pangan Nasional

img
Calon gubernur Lampung nomor urut 2 Rahmat Mirzani Djausal.

MOMENTUM, Bandarlampung--Calon gubernur Lampung nomor urut 2 Rahmat Mirzani Djausal, menghadiri pertemuan dengan ratusan petani dan nelayan se Lampung, di Graha Wangsa Bandarlampung, Selasa (15-10-2024).

Acara ini diketahui, difasilitasi oleh anggota DPR RI dari Partai Golkar, Hanan A. Rozak. Pertemuan ini diharapkan dapat menjawab permasalahan mendasar yang dihadapi petani dan nelayan Lampung.

Selain membahas berbagai persoalan petani dan nelayan acara ini juga menjadi ajang Ikrar Dukungan dari para petani dan nelayan se-Provinsi Lampung untuk memenangkan pasangan Mirza-Jihan dalam Pilgub 2024. 

Dalam ikrar yang diucapkan secara serentak, para petani dan nelayan menegaskan komitmen mereka untuk mendukung dan memperjuangkan kemenangan Mirza-Jihan sebagai pemimpin yang dianggap mampu memperbaiki kondisi sektor pertanian dan perikanan di Lampung.

Dalam sambutannya, Hanan A. Rozak menyoroti sembilan persoalan pokok yang harus diselesaikan untuk memajukan sektor pertanian di Lampung.

"Sembilan persoalan pokok para petani Lampung yaitu, masalah pupuk, infrastruktur pertanian, ketersediaan air, minimnya penggunaan teknologi, pendapatan petani rendah, keterbatasan akses modal dan pembiayaan, regenerasi petani milenial, subsidi BBM dan kekurangan penyuluh pertanian," jelas Hanan.

Hanan menegaskan bahwa sembilan persoalan ini memerlukan komitmen yang nyata untuk diimplementasikan di lapangan. 

“Kita tidak butuh janji atau kartu-kartu, yang kita butuhkan adalah konsep yang bisa diimplementasikan dari petani hingga birokrasi,” ujarnya. 

Ia juga berjanji akan terus memperjuangkan nasib petani jika tetap berada di Komisi IV DPR RI dan mendukung program-program gubernur yang pro-petani.

Sementara, Mirza dalam pidatonya menegaskan bahwa petani dan nelayan adalah sektor yang harus diutamakan, terutama dengan semakin dekatnya pelantikan Prabowo Subianto sebagai Presiden RI. 

“Pak Prabowo akan dilantik pada 20 Oktober, dan yang paling bahagia harusnya petani. Pak Prabowo sudah sejak lama memperjuangkan nasib petani sebagai Ketua Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI),” ungkap Mirza.

Mirza juga menyatakan bahwa Lampung akan menjadi basis pangan nasional di bawah kepemimpinan Prabowo.

“Pak Prabowo sudah berkomitmen bahwa harga sembako dan harga panen akan terjaga. Program minum susu dan makan bergizi gratis untuk 1,2 juta anak sekolah di Lampung akan segera dieksekusi, dan para petani akan diuntungkan karena menjadi pemasok utama bahan pangan tersebut,” tambahnya.

Mirza menutup pidatonya dengan komitmen untuk bekerjasama dengan para petani dan nelayan. 

“Apabila terpilih, kita akan bekerjasama untuk memastikan program ini berjalan dengan baik, demi kesejahteraan para petani dan nelayan Lampung,” kata Mirza. (**)






Editor: Agus Setyawan





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos