Tingkatkan Kapasitas Kader Posyandu, Tirtalaga Gelar Pelatihan Penerapan ILP

img

MOMENTUM, Mesuji -- Pemerintah Desa Tirtalaga, Kecamatan Mesuji, menggelar pelatihan Kader Posyandu tentang Penerapan Integrasi Layanan Primer (ILP). Kegiatan dilaksanakan di balai desa setempat, Selasa 15 Oktober 2024.

Kepala Desa Tirtalaga, Sikun mengatakan, pelatihan diikuti seluruh kader posyandu yang ada di desanya. Dihadiri Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Mulyadi, perwakilan dari pihak Kecamatan Mesuji, serta perwakilan dari Puskesmas Sumbermakmur.

"Kita hari ini mengadakan pelatihan dan sosialisasi bagi para kader posyandu ini, tujuannya untuk  menambah wawasan para kader agar dapat maksimal dalam memberi pelayanan kepada masyarakat," ungkapnya.

Sementara, Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat, Mulyadi mengatakan, para kader posyandu ke depan harus menguasai 25 kompetensi dasar posyandu.

"Dalam kegiatan ini, para kader kita bekali materi diantaranya, Kebijakan ILP, Keterampilan Dasar Pengelolaan Posyandu, Keterampilan Dasar Pelayanan Ibu Hamil, Ibu Nifas, dan Ibu Menyusui di Posyandu, Keterampilan Layanan Dasar Usia Produktif dan Lanjut Usia di Posyandu, Keterampilan Dasar Bayi dan Balita di Posyandu, Keterampilan Layanan Dasar Usia Sekolah dan Remaja, dan Komunikasi Efektif,"paparnya.

Kader juga lanjut dia, langsung  melakukan praktik simulasi lima langkah pelayanan di Posyandu ILP. 

"Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kecakapan kader dalam memberikan pelayanan di Posyandu," tambahnya. (**)






Editor: Muhammad Furqon





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos