Bulan Bakti Karang Taruna, Pjs Walikota Metro Terima Penghargaan Satyalencana

img
Pjs. Walikota Metro, Descatama Paksi Moeda menerima penghargaan Satyalencana Aditya Karya Mahatya Yodha di Rakernas Bulan Bakti Karang Taruna Nasional 2024. Foto. Ist.

MOMENTUM, Metro--Penjabat Sementara (Pjs) Walikota Metro, Descatama Paksi Moeda menerima penghargaan Satyalencana Aditya Karya Mahatya Yodha pada Bulan Bakti Karang Taruna Nasional 2024 yang berlangsung di Bandung, Jawa Barat, Selasa  15 Oktober 2024. 

Kegiatan itu dihadiri Wakil Presiden terpilih Gibran Rakabuming Raka dan seluruh pengurus Karang Taruna Provinsi se-Indonesia.

Dijelaskan Pjs Walikota Metro Descatama Paksi Moeda, Pemerintah Kota Metro selalu mendukung kegiatan yang dilakukan Karang Taruna.

“Sekali lagi saya ucapkan terima kasih atas penghargaan yang diberikan ini, saya juga mengajak pemuda dan pemudi yang tergabung dalam Karang Taruna untuk terus berinovasi dan berkontribusi dalam pengabdian ditengah masyarakat dan ikut mendukung penuh kerja dari Pemerintah membangun Kota Metro lebih baik kedepan,” katanya.

Pada acara tersebut, Ketua Umum Pengurus Nasional Karang Taruna Didik Mukrianto, mengatakan, agenda ini sebagai bagian dari penguatan semangat berkarya nyata yang menjadi tradisi dan bagian penting dari agenda pemberdayaan Karang Taruna secara nasional. 

Usia 64 tahun Karang Taruna, menurut Didik, adalah usia yang sangat dewasa bagi sebuah organisasi untuk bisa bertahan di tengah-tengah dinamika dan keterbukaan informasi yang demikian cepat.

Kegiatan ini juga sebagai tonggak dan momentum penting untuk menjadi alat ukur bagi pencapaian kinerja Karang Taruna sebagai organisasi sosial.

Dikatakan, selain menjadi ajang perumusan program kerja di tingkat nasional, terdapat rangkaian lain dalam BBKTN 2024 ini yaitu, Karang Taruna Expo, Bakti Sosial dan Penghargaan Satyalencana Aditya Karya Mahatva Yodha. Satyalencana Aditya Karya Mahatva Yodha adalah penghargaan tingkat nasional yang diberikan oleh pengurus nasional karang taruna kepada seseorang, lembaga, atau organisasi atas Karya Bakti dan pengabdian sosialnya bersama-sama karang taruna dalam mengurai persoalan sosial dan mewujudkan kesejahteraan sosial di kalangan generasi muda.  

Ketua Karang Taruna Provinsi Lampung Dendi Ramadhona turut merasa bangga atas kesempatannya bisa berada di tengah-tengah pejuang karang taruna yang hadir dari seluruh penjuru negeri.

Di hadapan seluruh peserta, dalam kesempatan tersebut Dendi juga mengapresiasi segala upaya dari seluruh jajaran pengurus Karang Taruna dalam mempertahankan eksistensi dan nama baik yang melekat pada karang taruna.     

"Sejak di umur 23 tahun saya masuk Karang Taruna, organisasi ini memiliki peran yang sangat besar bagi perjalanan karir dan pengalaman yang sangat berharga bagi saya," ucapnya

Ketua Pelaksana Kegiatan Rakernas Ahmad Taufik, menambahkan pada Rakornas tahun ini, terdapat berbagai kegiatan bakti sosial seperti turnamen sepak bola tingkat kabupaten kota se-Provinsi Jawa Barat, donor darah, pergelaran budaya, pengobatan gratis, pembagian sembako serta pemberian makan gratis untuk anak-anak SD.(**)






Editor: Muhammad Furqon





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos