Samsudin Hadiri Upacara Adat Angkon Anak di Kalianda

img

MOMENTUM, Kalianda--Pj Gubernur Samsudin didampingi Pj. Ketua TP PKK Lampung Maidawati Retnoningsih menghadiri Acara Adat Angkon Anak, di Lamban Balak Bandar Marga Legun, Kecamatan Kalianda, Lampung Selatan Kamis (17-10-2024). 

Angkon Anak adalah salah satu upacara adat yang sangat penting dalam budaya Lampung. Upacara ini dilakukan untuk mengangkat seseorang menjadi bagian dari keluarga besar masyarakat adat Lampung. 

Angkon Anak adalah manifestasi dari kearifan lokal masyarakat Lampung yang menekankan pentingnya persaudaraan, kebersamaan, dan kesinambungan adat. Upacara ini tidak hanya bersifat seremonial, tetapi juga sarat dengan nilai-nilai sosial dan budaya yang diwariskan dari generasi ke generasi. 

Diketahui, kegiatan adat itu merupakan rangkaian acara dari Resepsi pernikahan, putra sulung Plt Sekjen Kemendagri Komjen Pol Tomsi Tohir, M Dhira Wicaksana Balaw dengan Yunianti Efendi. 

Yunianti yang merupakan mempelai wanita diangkon (angkat) anak oleh Irjen Pol Rudi Setiawan bergelar Pengiran Sangun Ratu Ya Bandar (II) dari Marga Legun Way Urang Lampung Selatan. (**)









Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos