Kunjungan ke Lampura, Sulpakar Panen Melon Hasil Budidaya Siswa SMAN Prokimal

img
Kepala Disdikbud Lampung Sulpakar saat memanen melon di SMAN 1 Prokimal

MOMENTUM, Kotabumi--Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Provinsi Lampung Sulpakar melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Lampung Utara, Rabu (23-10-2024).

Sulpakar melakukan panen raya buah melon di SMAN 1 Hang Tuah Prokimal. Budidaya buah melon yang dilakukan pihak sekolah merupakan kontribusi terbaik sebagai lembaga pendidikan formal di Lampung.

Selain itu, budidaya ini juga merupakan pembelajaran bagi siswa pada Kurikulum Merdeka Belajar.

"Kurikulum Merdeka mengamanatkan bahwa proses pembelajaran pada hakikatnya untuk mengembangkan aktivitas dan kreativitas peserta didik, melalui berbagai interaksi dan pengalaman belajar salah satunya melakukan budidaya buah melon ini,” ujar Sulpakar mengapresiasi keberhasilan pihak SMAN 1 Prokimal dalam memberdayakan lahan pertanian menanam buah melon.

Usai memanen Melon, Sulpakar meresmikan Masjid Al-Hamid di SMAN 1 Bukit Kemuning. Ini bukan kali pertama Sulpakar memotori dan menjadi penggerak dalam pembangunan rumah ibadah.

Sebelumya, saat menjabat sebagai Penjabat (Pj) Bupati Mesuji selama 2 tahun, Sulpakar juga telah berhasil mengomandoi pembangunan sebuah masjid yang besar dan megah di tengah komplek perkantoran Pemkab Mesuji yang diberi nama Masjid Al-Karim dan telah diresmikan langsung oleh Gubernur Arinal Djunaidi pada Desember tahun 2023 lalu.

Menurut Sulpakar yang juga alumni SMAN 1 Bukit Kemuning lulusan tahun 1987 itu, masjid tidak hanya menjadi sarana tempat beribadah bagi umat muslim, tapi juga mampu membentuk karakter manusia agar selalu beriman dan bertakwa kepada Allah SWT. Di samping masjid juga berfungsi sebagai pusat kegiatan keislaman.

“Dalam suatu hadis disebutkan bahwa masjid merupakan rumah Allah SWT. Untuk itu manfaatkan dan ramaikan masjid sebagai tempat ibadah dan kegiatan keagamaan di lingkungan sekolah ini,” kata Sulpakar.

Kadisdikbud Sulpakar menambahkan, kehadiran masjid ini juga diharapkan dapat menambah jumlah jamaah dari lingkungan sekolah. Pembangunan masjid merupakan salah satu wujud nyata upaya umat Islam dalam membina hubungan antar-manusia serta hubungan manusia dengan Allah Sang Maha Pencipta.

“Tak hanya itu masjid juga untuk mendidik dan melatih, serta membentuk umat yang Islami, menguasai Iptek dan Imtaq, serta diharapkan siap dan mampu menghadapi persaingan global yang semakin keras,” kata dia.

Hadirnya masjid tersebut, ia juga berharap agar pengurus masjid dan masyarakat dapat memelihara dan menjaganya dengan baik.

“Tentunya di masjid ini juga dapat diisi kegiatan yang dapat menghembuskan ketakwaan, kedamaian, serta terjalinnya ukhuwah islamiyah di kalangan pelajar dan warga sekolah,” harapnya.

Mengakhiri kegiatan di Lampung Utara, Sulpakar membuka pertandingan bola voli antar-pelajar SMA/SMK/MA, di Kabupaten Lampung Utara. Dimana Pertandingan dipusatkan di SMAN 1 Abung Semuli guna memperebutkan Piala Kadisdik V. Ternyata pria yang dikenal disiplin ini juga mahir dalam bermain voli.

Terlihat dari cara dia dalam melakukan service bola mengarah ke arah lawan dan pukulan bola Sulpakar juga hampir tak mampu dikembalikan dengan baik oleh lawannya.

“Selain berolahraga, melalui turnamen ini kita dapat jadikan sebagai sarana konsolidasi, adu bakat dan prestasi para atlet bola voli setiap sekolah di Kabupaten Lampung Utara,” kata Sulpakar saat membuka turnamen bola voli.

Menurut dia, turnamen yang diinisiasi oleh MKKS SMA Lampung Utara, ini merupakan kegiatan bernilai dan strategis karena dapat dijadikan salah satu indikator bahwa masih berjalannya pembinaan dan pelatihan cabang olahraga bola voli di setiap sekolah,

“Kami yakin dengan rutinitas latihan dan kontinuitas even kejuaraan seperti ini, tidak menutup kemungkinan di Kabupaten Lampung Utara akan lahir atlet-atlet bola voli berprestasi dan berbakat yang bisa kita banggakan di masa depan,” harap Sulpakar. (**)









Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos