Dua Paslon Walikota Bandarlampung Beda PAndangan Soal UMKM dan Pendidikan

img
Debat publik Calon Walikota dan Wakil Walikota Bandarlampung.

MOMENTUM, Bandarlampung--Petahana calon Walikota Bandar Lampung, Eva Dwiana dan Deddy Amarullah, mengaku berkomitmen untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui kemudahan investasi dan pemberdayaan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). 

Eva menyebut bahwa selama masa kepemimpinannya, berbagai upaya telah dilakukan untuk menarik investasi dan memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. 

"Kami mempermudah izin untuk investor yang ingin masuk ke Bandarlampung dan memberikan pelayanan terbaik. Alhamdulillah, sejak 2021 hingga 2022, tingkat kemiskinan dan pengangguran di Bandarlampung sudah menurun," kata Eva, Senin (28-10-2024).

Eva juga menjanjikan program pinjaman tanpa bunga khusus untuk pelaku UMKM, yang akan disertai promosi produk lokal ke tingkat nasional dan internasional. 

"Jika terpilih kembali, kami akan mempermudah UMKM dalam mendapatkan pinjaman tanpa bunga dan akan mengangkat produk mereka agar dikenal lebih luas," ujarnya.

Ia juga mengungkapkan bahwa pasangan nomor urut 2 berkomitmen agar investor yang masuk turut mempekerjakan minimal 25 persen warga Bandarlampung. 

“Kami akan memastikan ada manfaat langsung bagi masyarakat lokal, termasuk dalam bentuk lapangan kerja yang berkualitas,” ungkapnya.

Menanggapi pernyataan dari pasangan calon nomor 2, Reihana dan Aryodhia menekankan pentingnya peningkatan pendidikan. Reihana menyarankan agar pemerintah fokus pada pendidikan minimal 12 tahun agar masyarakat memiliki kemandirian ekonomi. 

“Mengapa tidak memperhatikan pendidikan dahulu sebelum mendatangkan investor? Pikirkan dulu pendidikan anak selama 12 tahun, ada ilmu baru kita ke investor," katanya.

Ia juga menyampaikan terkait dengan investor harus dilihat terlebih dahulu apakah merugikan atau tidak terhadap daerah. "Boleh saja kita menggunakan investor tapi investornya seperti apa baru kita lihat merugikan atau tidak untuk kita," ujarnya. (**)






Editor: Agus Setyawan





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos