Pemkab Mesuji Gulirkan Bantuan Rastra Gratis

img
Ilustrasi beras sejahtera (rastra)./net
Harianmomentum.com--Pemerintah Kabupaten Mesuji menggulirkan bantuan beras  sejahteta (rastra) gratis ke 6.000 Rumah Tangga Sasaran (RTS) di daerah itu.

Hal itu disampaikan Bupati Mesuji Khamami di rumah dinasnya, Sabtu (6/1).

"Bantuan ini di luar dari bantuan subsudi pemerintah pusat yang disalurkan melalui Badan Urusan Logistik (Bulog)," kata Khamami.

Menurut Bupati, RTS penerima bantuan berasalah masyarakat tidak mampu dan anak yatim. 

"Jadi 2018 ini, setiap KK akan mendapat bantuan beras sebanyak 10 kilogram (kg) yang akan disalurkan berbanding satu sama sekali. Dari kuota 6000, seribu penerima nanti adalah anak yatim," kata Khamami.

Dia menjelaskan, bantuan rastra dari Pemkab Mesuji berbeda dari bantuan Rastra dari pemerintah pusat yang disalurkan Bulog. Karena bantuan Rastra dari pemerintah pusat setiap rumah tangga atau KK diterima sebanyak 15 kg perbulannya dan harus ditebus oleh masyarakat. 

Sementara bantuan dari Pemkab Mesuji meski hanya 10 kg namun bantuan diberikan gratis karena ditanggung APBD Mesuji.

"Kalau bantuan beras dari Bulog itukan nebus, sekitar Rp1000 - Rp2000 / kg. Nah, kalau yang dari Pemda Mesuji bantuan cuma cuma alian gratis. Mereka yang bisa membantu mereka yang kurang mampu dan anak yatim atau yatim piatu, dan mereka yang sudah bisa jatah beras dari bolog gak boleh dapet lagi, gak boleh tumpang tindih atau dobel, "ungkapnya.

Dengan begitu, Khamami berharap tidak ada lagi pembagian merata beras yang berasal dari pusat informasi yang disalurkan dari Bulog. Karena mereka masyarakat tidak mampu yang tak tercemas di data bulog akan diberikan bantuan beras jatah dari Pemkab Mesuji.

"Di Mesuji total masyarakat yang nerima beras yang disalurkan Bulog ada 9562 RTS, maka ditambah dari pemda 6000 mudah-mudahan dapat mencakup semua. Jadi nanti tidak ada lagi, pembagian beras merata yang selama ini dilakukan kades untuk mengkaper masyarakat yang tidak dapat bantuan dari bulog , karena yang tidak terdata oleh pemerintah pusat akan kita bantu bantuan dari Pemkab Mesuji, "tukasnya.(ish)





Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos