Penghasil Sayuran, Lambar "Bandung" di Lampung

img

Harianmomentum.com - Kabupaten Lampung Barat (Lambar) dengan pegunungannya membuat daerah itu disebut "Bandung" di Provinsi Lampung.

Dengan didukung kondisi alam tersebut, daerah itu menjadi salah satu penghasil sayur mayur yang dapat menyuplai jumlah wilayah di Provinsi Lampung, bahkan ke ke Pulau Jawa.

Yuki (22) warga Sekincau mengatakan, dengan produk pertanian di Sekincau, menjadikan Lambar sebagai induk utama di Lampung. 

"Pemasarannya bisa tembus pasar di luar Lambar, bahkan sampai Bandarlampung dan Pulau Jawa," kata Yuki kepada Tim Media Jaringan Arinal Berkarya, Sabtu (20/01/18).

Yuki menambahkan, jenis sayuran yang ada di Kabupaten Lambaraku, ubi-ubian, kol, kentang, tomat, cabe, dan kubis. kemampuan petani bisa menjual hasil taninya ke luar Lambar, karena memiliki jaringan bagus dengan bandar luar daerah.

"Harga sayuran naik atau sudah dipasarkan ke luar daerah, meski dikirim ke luar daerah namun kebutuhan di sini tidak terganggu. Harga jual lebih tinggi ke luar, dari pasar lokal, tapi pengirimannya tergantung permintaan," kata Yuki.

Ia sedang, hasil produksinya sudah dinanti para pengepul. Bahkan, strategi para pengepul agar hasil cocok tanamnya tak dijual ke orang lain, biasanya mereka lebih dulu menyimpan uang. 

"Pengepul menjual kembali hasil cocok tanamnya ke daerah lain karena jauh lebih mahal jika dibandingkan dengan harga di pasar lokal," tandas Yuki. (rls / red)





Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos