Tahap Sosialisasi, JTTS Gratis

img
Kepala Cabang Ruas JTTS Bakauheni-Terbanggi Besar segmen Bakauheni Hanung Hanindito

Harianmomentum.com--Setelah diresmikan Presiden Joko Widodo pada Minggu 21 Januari  2018, ruas Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) Bakauheni-Terbanggi Besar sepanjang 8,9  kilometer  pada segmen Pelabuhan Bakauheni- Simpang Susun, mulai dilalui kendaraan.


Kepala Cabang Ruas JTTS Bakauheni-Terbanggi Besar segmen Bakauheni Hanung Hanindito mengatakan, saat ini untuk sementara kendaraan yang melalui ruas segmen tersebu,t masih dibebaskan dari biaya tol.

“Ini masih tahap sosialisasi. Karena itu, kendaraan yang melintas belum dikenakan tarif," kata Hanung pada harianmomentum.com, Rabu (24/1).

Dia melanjutkan, nanti setelah ada penetapan besaran tarif dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, pembayaran biaya tol akan menggunakan sistem non tunai. 

 

“Untuk besaran tarif belum ada ketetapan dari kementerian. Nanti setelah ditetapakan, baru menggunakan sistem non tunai,” terangnya.

Dia mejelaskan, selama masa sosialisasi, setiap pekan PT Hutama Karya akan berkoordinasi dengan Himpunan Bank Negara (Himbara) dan bank swasta untuk sistem penjualan tiket tol elektronik.

“Yang kami lakukan hingga saat ini adalah mensosialisasikan kepada masyarakat bahwa tol saat ini menggunakan non tunai atau uang elektronik," ungkapnya.

Pihaknya juga mencatat, rata-rata setiap hari ruas JTTS segmen Pelabuhan Bakauheni-Simpang Susun, dilalui 2.800 unit kendaraan dari berbagai jenis dan golongan.

"Sebagian besar kendaraan yang melintas 60 persen didominasi kendaraan golongan I berupa kendaraan pribadi roda empat dan 40 persen sisanya merupakan kendaraan golongan II hingga V," jelasnya.(bob)






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos