Cegah Banjir, Dinas PU akan Bangun Gorong-gorong

img
Genangan air di Jln Sultan Agung saat hujan. Foto. Ist.

Harianmomentum.com--Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Bandarlampung akan membuat gorong-gorong untuk mencegah terjadinya genangan air akibat hujan di Jalan Pramuka.


"Gorong-gorong yang akan dibangun di Gang Darfa Wanalestari, RT 04 Lingkungan II, Jalan Pramuka Bandarlampung," ujar Kepala Bidang (Kabid) Sumber Daya Air (SDA) DPU Bandarlampung Dedy Sutiyoso, Minggu (18/3/2018).


Menurut dia, pembangunan gorong-gorong itu solusi sementara untuk mencegah agar tidak kembali terjadi genangan air pada saat hujan di Jalan Pramuka. Karena untuk membangun drainase secara permanen, belum dianggarkan dalam APBD.


Selain gorong-gorong, untuk sementara, DPU membuat drainase namun tidak berlapis semen atau mengeruk saluran air yang tertimbun tanah.


Sebelumnya, warga Kelurahan Langkapura Gotongroyong membuat gorong-gorong dan memperbaiki saluran air untuk mengantisipasi genangan air yang memicu banjir pada saat hujan.


"Kondisi jalan itu kalau hujan pasti banjir, karena tidak ada drainase pembuangan airnya," kata Ketua RT 04 lingkungan II, Yosa Marendra saat kerja bakti di Jalan Pramuka Gang Darfa Wanalestari Bandarlampung.


Masyarakat berinisiatif bergorong-royong karena tidak ingin banjir menggenangi rumah mereka.


Ia berharap, Pemerintah Kota (Pemkot) Bandarlampung segera membangun drainase di sepanjang jalan tersebut. "Jalan itu tidak ada drainasenya, jadi pasti banjir kalau hujan turun," paparnya.


Di tempat yang sama, Camat Langka Ahmad Husni mengapresiasi kegiatan yang dilakukan warga dan beharap,usaha ini segera mendapatkan respon Pemkot Bandarlampung. 


"Mudah-mudahan usaha ini menjadi awal yang baik dan bisa mendapatkan respon dari pemerintah. Saya juga akan berupaya agar jalan ini bisa segera dibangun gorong-gorong yang dapat mengantisipasi banjir," katanya.(aji/awn)






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos