Ridho Komitmen Bangun Kedaulatan Pangan

img
Cagub M Ridho Ficardo cium tangan kepada Surono Danu penemu varietas MSP-1 yaitu benih padi usia panen 95 hari./MRF

Harianmomentum.com--Calon Gubernur (Cagub) M Ridho Ficardo mengaku siap membangun kedaulatan pangan, guna mewujudkan kesejahteraan petani di Provinsi Lampung.

 

Hal tersebut disampaikan saat Cagub nomor urut 1 itu ditunjuk oleh warga Desa Karanganyar, untuk menjadi pembicara pada kegiatan sarasehan Peguyuban Petani Jatiagung, Lampung Selatan.

 

Cagub Lampung itu ditemani langsung oleh  Surono Danu, penemu varietas MSP-1 yaitu benih padi usia panen 95 hari yang telah tersebar dan ditanam di seluruh Indonesia.

 

Saat keduanya bertemu, sontak Surono Danu langsung menghampiri dan memeluk Ridho. "Lho kenapa pada ketawa, dia ini anak saya, saya sudah tahu dengan dia ini sejak dia masih TK," ujar Suroso Danu.

 

Setelah menyalami petani yang hadir, Surono Danu sempat berseloroh. "Kalau kalian pilih yang lain terserah, kalau aku pilih Ridho saja," tukas Danu, disambut sorak dan tepuk tangan warga yang hadir.

 

Dalam sarasehan tersebut, M Ridho Ficardo, sempat memaparkan tiga program strategis kepada warga Desa Karanganyar, yakni pertanian, industrialisasi, dan pariwisata.

 

Ridho mengatakan, dalam bidang pertanian Provinsi Lampung menduduki peringkat ke-4 surplus beras nasional. Tahun 2015 hingga 2016, produksi padi ikut melonjak mencapai 1 juta ton.

 

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung, di era kepemimpinannya, juga setiap tahun membagikan program bantuan ratusan sumur bor gratis.

 

"Pemprov yang menganggarkan, petani dan masyarakat yang membangun secara bersama-sama dan bergotong royong. Gotong royong adalah salah satu bentuk kearifan lokal bangsa indonesia yang tidak boleh hilang," ungkap Ridho.

 

Selain itu, yang menjaga negara ini tetap berdiri adalah petani, bukan tentara. "Mengutip perkataan suharto, yang menjaga negara ini tetap utuh adalah bulog dan petani. Artinya apa, sehebat apapun tentara kita, secanggih apapun senjatanya, kalau nggak ada beras, pasti mati," timpalnya.

 

Di tempat yang sama, Parmin, mantan Kepala Desa Karanganyar dua periode, turut mengapresiasi semua pembangunan yang telah dilakukan M Ridho Ficardo bersama Bachtiar Basri.

 

"Selama masa kepemimpinan Pak Ridho, Alhamdulillah kami petani banyak diperhatikan, harapan kami Pak Ridho dapat melanjutkan pembangunan di Provinsi Lampung," kata Parmin.

 

Usai melakukan kegiatan sarasehan, calon Gubernur Lampung ini juga menyempatkan diri untuk menyapa masyarakat di Pasar Karanganyar, hingga meladeni warga untuk berfoto atau swafoto bersama.(rls/red)






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos