Ini Sembilan Lokasi Rawan Macet di Lampung

img
Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Lampung Qodratul Ikhwan. Foto. Ira.

Harianmomentum.com--Dinas Perhubungan Provinsi Lampung dan kepolisian telah memetakan sembilan lokasi rawan kemacetan yang perlu segera diantisipasi, mengingat masa arus mudik lebaran tahun 2018 semakin dekat.

 

Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Lampung Qodratul Ikhwan menungkapkan, daerah rawan macet itu:  Pasar Unit II Kabupaten Tulangbawang, Pasar Bukitkemuning Kabupaten Lampung Utara, Pasar Bandarjaya Kabupaten Lampung Tengah.

 

Selanjutnya: Pasar Talangpadang Kabupaten Tanggamus, Pasar Pringsewu, Pasar Gadingrejo, Pasar Natar Kabupaten Lampung Selatan, THR Pasir Putih dan sekitar Pelabuhan Bakauheni Kabupaten Lampung Selatan.

 

"Kami masih koordinasikan dengan berbagai instansi dan berbagai pihak untuk penanganan titik-titik rawan kemacetan itu, sehingga tidak menghambat kelancaran kendaraan arus mudik dan balik pada Lebaran 2018 nanti," kata Qodratul pada harianmomentum.com di Kantor Gubernur Provinsi Lampung, Rabu (30/5).

 

Ia mengungkapkan, selain penanganan pada titik-titik rawan kemacetan, juga diperlukan optimalisasi fungsi terminal dengan melakukan pemeriksaan kelaikan kendaraan angkutan penumpang umum, pemantauan tarif angkutan umum, dan ramp check.

 

"Perlu disiapkan penyediaan area istirahat di jalur Jalan Lintas Sumatera, dengan memprioritaskan angkutan penumpang umum dalam pengaturan di lapangan, penyediaan sarana informasi mudik Lebaran, pengawasan keselamatan angkutan sungai, danau dan penyeberangan, pembatasan operasional angkutan barang, penyiapan mobil derek, alat-alat berat pada lokasi tertentu, dan pengaturan penumpang di terminal, pelabuhan penyeberangan, stasiun, dan bandara di Lampung," jelasnya.

 

Dia mengatakan, selain mewaspadai dan perlu antisipasi penanganan pada daerah rawan macet, Dishub Lampung bersama instansi terkait juga mengingatkan untuk mewaspadai daerah rawan longsor dan banjir di Lampung. Sedikitnya terdapat 4 lokasi rawan longsor dan 6 lokasi rawan banjir di seluruh Lampung.

 

"Kami sudah memberikan informasi terkait daerah rawan longsor dan banjir tersebut. Kami juga akan melakukan antisipasi agar pelaksanaan mudik dan balik Lebaran 2018 terselenggara dengan aman, nyaman, efektif dan efisien," pungkasnya. (ira)






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos