Kodim 0412 Gelar Latihan Komando Posko I

img
Pembukaan Latihan Komando Posko I di Markas Kodim 0412 Lampung Utara.

Harianmomentum--Komando Distrik Militer (Kodim) 0412 Lampung Utara (Lampura) menyelenggarakan Latihan Posko I. Latihan komando tersebut berlangsung mulai 17 sampai 19 Mei 2017, di Aula Markas Kodim setempat.

Kegiatan tersebut dibuka Kepala Seksi Operasi Komando Resimen Militer (Korem) 043/ Garuda Hitam (Gatam) Lampung Letkol. Inf. W Jalu Wibowo.

Lektol.Inf. Jalu Wibowo mengatakan latihan tersebut merupakan agenda rutin TNI, yang terjadwal dalam program latihan standarisasi.

"Latihan posko merupakan simulasi bagaimana penanganan yang harus dilakukan prajurit TNI, khususnya jalur koordinasi antara komando dan staff dalam tindakan lapangan ketika terjadi bencana alam di suatu daerah," kata Jalu Wibowo didampingi Pasi Intel 0412 Lampura Kapten.Kav. Andi Budiman.

Menurut dia, Latihan Komando Posko I sangat relevan dengan tugas TNI dalam membantu masyarakat yang terkena musibah bencana alam, seperti banjir, gempa bumi, tanah longsor dan sebagainya.

"Latihan ini juga mengatur bagaimana jalur koordinasi TNI dan pemerintah dalam hal melakukan teknis evakuasi korban bencana ke tempat pengungsian, membagikan bantuan logistik dan sebagainya," terangnya.

Latihan posko tersebut digelar serentak pada seluruh jajaran Korem di bawah Komando Daerah Militer (Kodam) II Sriwijaya.  

Di wilayah kerja Korem 043 Gatam Lampung, terdapat empat Kodim yang menggelar kegiatan Komando Latih Posko I: Kodim Lampung Utara, Kodim Tulangbawang, Kodim Lampung Barat dan Kodim Kota Bandarlampung.

Pembukaan latihan tersebut, juga dihadiri  perwakilan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lampura dan perwakilan anggota Taruna Siaga Bencana (Tagana). (Ysn)






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos