Pemprov Lampung Optimalkan Pengelolaan Air Bersih

img
Rapat Tim Koordinasi Pengelolaan Sumberdaya Air (TKPSDA) wilayah sungai Mesuji-Tulangbawang di Hotel Aston.

Harianmomentum--Pemerintah Provinsi (Pempro) Lampung terus berupaya untuk meningkatkan optimalisasi pengelolaan air bersih di wilayah setempat.

 

"Pemprov akan terus mengoptimalkan tugas dan fungsi Tim Koordinasi Pengelolaan Sumberdaya Air (TKPSDA)," ujar Kepala BAPPEDA Lampung Taufik Hidayat saat rapat TKPSDA wilayah sungai Mesuji-Tulangbawang di Hotel Aston, Selasa (23/5).

 

Menurut dia, kita perlu memperhatikan sumber daya air karena pertumbuhan ekonomi yang tinggi. Selain itu, ia melanjutkan, Provinsi Lampung sebagai penghasil produksi pangan/ketahanan pangan juga memberikan pasokan bagi wilayah lainnya di Indonesia.

 

Ketua TKPSDA wilayah Sungai Mesuji Tulangbawang dan Seputih Sekampung itu berharap dengan adanya sosialisasi tersebut pihaknya mampu bekerja secara optimal dan berkoordinasi dalam meningkatkan kinerjanya.

 

"Selain mengandalkan bendungan Batu Tegi, Way Rarem dan Way Jepara, kita juga harus memaksimalkan pemanfaat Sungai Mesuji Tulangbawang dan Sungai Seputih Sekampung," terang Taufik. 

 

Kasi Kelembagaan I Sub Direktorat Kelembagaan Dirjen SDA, Salmi menjelaskan pengelolaan sumber daya air wilayah sungai memerlukan keterpaduan. Untuk itu, diperlukan koordinasi melalui TKPSDA wilayah sungai dalam penyusunan program dan kegiatan.

 

"TKPSDA dalam hal ini bertugas membahas rancangan program dan kegiatan pengelolaan sumber daya air pada wilayah sungai guna merumuskan dalam menetapkan program dan rencana kegiatan sumber daya air," kata dia. 

 

Ia menerangkan, banyak lembaga yang terlibat dalam kegiatan pengelolaan sumber daya air, khususnya lembaga yang sifatnya campuran antara pemerintah dan non pemerintah. 

"Kinerja TKPSDA harus terus di tingkatkan sehingga air wilayah sungai yang ada di Lampung menjadi lebih baik," jelas Salmi.

 

Ketua Pelaksana Naswardi menjelaskan sosialisasi bertujuan sebagai acuan sekretariat dalam memfasilitasi TKPSDA dalam perumusan pola pengelolaan sumber daya air wilayah sungai. 

 

Ia juga berharap sosialisasi itu dapat mewujudkan terjalinnya konsultasi antara pihak terkait untuk keterpaduan pengelolaan sumber daya air pada wilayah sungai di daerah itu.

 

"TKPSDA juga diharapkan mampu melakukan pemantauan dan mengevaluasi pelaksanaan program dan rencana kegiatan pengelolaan sumber daya air pada wilayah sungai," terang dia.(Ira)






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos