Taiwan Jajaki Investasi Industri Gula di Lampung

img
Persiapan sambut tim survei investor dari Taiwan. Foto. ist.

Harianmomentum.com--Pengusaha Taiwan menjajaki investasi industri gula di Provinsi Lampung. Tim survei dari Taiwan akan beekunjung ke daerah ini, Selasa (15-1-19) mendatang.

"Kami melakukan persiapan menyambut kedatangan investor Taiwan yang akan melakukan survey di Lampung," ujar Asisten Ekonomi dan Pembangunan Taufik Hidayat di Ruang Kerja Asisten Ekonomi dan Pembangunan Provinsi Lampung, Kamis (10-1-19).

Diharapkan, pengusaha Taiwan tertarik berinvestasi di sektor perkebunan tebu dan membangun industri gula di Lampung.

Tim dari Taiwan adalah council of agriculture executive yuan, Taiwan atau Badan Pemerintah Taiwan yang melakukan pengawasan salah satunya bidang pertanian. Tim ini akan didampingi dua orang dari Sekretariat Jenderal Kementerian Pertanian (Setjen Kementan).

Setjen Kementan mempercayakan Lampung karena daerah ini dinilai merupakan penghasil komoditas tebu terbesar nomor dua di Indonesia. Dengan produksi tebu sebanyak 768 ribu ton/tahun, Provinsi Lampung memberikan kontribusi sebesar 29,81 persen terhadap produksi tebu nasional.

"Ini juga nanti akan dikawal oleh pihak Setjen Kementan. Kita diskusikan untuk bahan-bahan apa saja yang perlu dipersiapkan dan tentang area wilayah mana yang cocok untuk ditawarkan kepada investor," kata Taufik.

Taufik menuturkan, Kabupaten Waykanan menjadi salah satu alternatif untuk lahan investasi. Pertimbangannya, di Kabupaten Waykanan akan ada pembangunan dermaga darat (dry port), yang memudahkan hasil-hasil industri di daerah itu  akan diangkut menggunakan kereta api menuju Pelabuhan Panjang.

Tetapi untuk lokasi, kata Taufik, berkoordinasi terlebih dahulu dengan jajaran Pemerintah Kabupaten Waykanan.

"Peluang yang paling memungkinkan ada di kawasan Kabupaten Waykanan, nanti akan dikoordinasikan lebih lanjut kepada Pemerintah Kabupaten Waykanan," ungkapnya. (Ira)






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos