Tanggamus Punya Obyek Wisata Baru

img
Prosesi Peresmian Wana Wisata Tanjung Harapan Batutegi di Kecamatan Airnaningan, Kabupaten Tanggamus

Harianmomentum.com--Kabupaten Tanggamus punya obyek wisata baru. Namanya Wana Wisata Tanjung Harapan Batutegi. Sesuai namanya, obyek wisata itu berada di kawasan Bendungan Batutegi, Kecamatan Airnaningan.

Obyek diresmikan oelah kepaa Dinas Kehuratan Provinsi Lampung Saipul Bahri mewakili Gubernur M Ridho Ficardo, Rabu (16-1-2019). Turut hadir pada peresmian tersebut, Bupati Tanggamus Dewi Handajani bersama jajaran pemkab setempat.

Kepala UPTD KPHL Batutegi Yakyan Ruchyansyah mengatakan Wana Wisata Tanjung Harapan Batutegi dibangun menggunakan dana APBD Provinsi Lampung dan Dana Alokasi Khusus (DAK)  Dinas Kehutanan Provinsi Lampung Tahun 2018.

"Di obyek wisata ini tersedial fasilitas Bumi Perkemahan dengan kapasitas 150 orang, enam sealter, satu di antaranya berukuran besar. Kemudian ada juga wahana  rumah pohon, kanopytel dan flying fox," kata Yakyan  pada harianmomentum.com di sela peresmian tersebut. Selain itu, di obyek wisata tersebtu juga ditanami 200 batang dari tujuh jenis tanaman buah.

"Untuk pengelolaan obyek wisata ini, kita melibatkan kelompok masyarakat sadar wisata (pokdarwis)," terangnya.  

Bupati Tanggamus Dewi Handajani menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada Pemprog Lampung yang telah membangun obyek wisata tersebut.

"Ini bukit komitment Pemprov Lampung dalam mendukung upaya pengembangan sektor pariwisata daerah. Pemkab Tanggamus tentu akan mendukung upaya pengembangan obyek wisata ini sebagai salah satu destinasi wisata unggulan di Provinsi Lampung," kata bupati.

Dia berharap dengan adanya Wana Wisata Tanjung Harapan Batutegi dapat semakin meningkatkan perekonomian masyarakat. Terlebih letak obyek wisata tersebut berdekatan dengan obyek wisata lainya, seperti Air Terjun Pelangi di Kecamatan Ulebelu.  

Gubernur M Ridho Ficardo dalam sambutan tertulis yang dibacakan Kepala Dinas Kehutanan Saipul Bahri mengatakan program pembangunan di Provinsi Lampung, diarahkan pada tiga prioritas: ketahanan pangan, pengembangan industri dan Pariwisata. 

"Prioritas pembangunan tersebut mengacu kepada RPJMD (rencana pembangunan jangka menengah daerah) untuk  mewujudkan Visi Lampung Maju dan Sejahtera Tahu n2019.' Untuk mewujudkan visi tersebut harus di empuh dengan beberapa misi. salah satunya pengembagan sektor pariwisata," kata  gubernur. 

Gubernur yakin dengan adanya obyek-obyek wisata baru, tingkat kunjungan wisata ke Lampung akan semakin tinggi.  

"Kita harus kembangkan terus sektor pariwisata. Sehingga, wisatawan tahu bahwa berwisata ke Lampung bukan hanya ke pantai.Lampung kaya dengan beragam potensi wisata," terangnya. (glh/jal)




Leave a Comment