Bimtek KPU, Upload Data Suara ke Situng Dibahas

img
Bimtek pemungutan dan penghitungna suara KPU Lampung
Bandar Lampung

Harianmomentum.com--Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Lampung mengadakan Bimbingan Teknis (Bimtek) pemungutan dan penghitungan suara Pemilu 2019 di Hotel Emersia, Bandarlampung, Rabu (13-3-2019). 

Salah satu yang dibahas dalam kegaitan tersebut yakni soal upload (pengiriman) data hasil hitung suara ke sistem informasi penghitungan suara (situng). 

Kepala Divisi Teknis KPU Provinsi Lampung Ahmad Faudzan selaku pimpinan sekaligus pemateri bimtek mengatakan, pengiriman ke dalam situng harus dilakukan dengan cepat. 

“Namun, ada wilayah-wilayah tertentu yang susah sinyal sehingga dikhawatirkan proses upload data jadi terhambat,” kata Fudzan.

Untuk itu, sambung dia, KPU kabupaten/kota harus cermat dalam menentukan lokasi pengiriman data suara.

“Proses upload data biasanya di kecamatan. Untuk itu harus benar-benar diperhatikan soal kelancaran pengiriman datanya sebelum pemilu dilaksnakan,” jelasnya.

Dengan adanya persoalan tersebut, pihaknya berencana melakukan simulasi situng di daerah yang memiliki banyak TPS namun di lokasi yang dianggap susah sinyal. 

“Selama ini kita selalu ditempat nyaman, apalagi di kota, sinyal gampang. Tapi, untuk di daerah bagaimana. Maka rencananya kita akan adakan simulasi di akhir bulan ini,” terangnya.

Sebelumnya, bimtek yang diikuti para divisi teknis KPU kabupaten/kota se-Lampung itu dibuka oleh Ketua KPU Lampung Nanang Trenggono.

Dalam sambutannya, Nanang mengajak para anggota KPU se-Lampung untuk bersama-sama memaksimalkan kinerjanya.

“Kita harus melaksanakan tugas secara maksimal sehingga pemilu di Lampung berjalan sukses, aman dan lancar,” kata Nanang.(acw)



Leave a Comment