Rawaselapan Wakil Lamsel Lomba Desa Tingkat Provinsi

img
Nanang Ermanto, Yuda Setiawan. Foto. Alp.

Harianmomentum.com--Desa Rawaselapan, Kecamatan Candipuro mewakili Kabupaten Lampung Selatan (Lamsel) dalam lomba desa berprestasi tingkat Provinsi Lampung tahun 2019. 

Tim penilai dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Provinsi Lampung Selatan melakukan evaluasi dan penilaian, di Lapangan Desa Rawaselapan, Kamis (11/4/2019). 

Setibanya di Rawaselapan, Ketua Tim Penilai Yuda Setiawan, yang juga Kepala Dinas PMD Provinsi Lampung beserta rombongan, disambut hangat ratusan siswa-siswi serta masyarakat desa setempat. 

Tampak pula Pelaksana tugas (Plt) Bupati Lampung Selatan Nanang Ermanto beserta Ketua Tim Penggerak PKK Winarni, dan para Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), turut menyambut dan mendampingi rombongan menuju lokasi acara. 

Sujarno, Penjabat Kepala Desa Rawaselapan, dalam laporannya memaparkan kondisi umum desa yang dipimpinnya. Dia juga menjelaskan, di desanya telah dibuat pengolahan pupuk organik dari limbah yang diperoleh dari Bank Sampah Desa.  

Lebih lanjut Sujarno menjelaskan, Rawaselapan merupakan desa yang guyub, rukun dan damai. Kekompakan itu kata dia, bisa tergambar dari ramainya masyarakat desa yang turut berpartisipasi menyukseskan kegiatan tersebut. 

"Seperti yang bapak (ketua tim penilai) lihat, antusiasme masyarakat begitu luar biasa dalam mengikuti lomba desa ini," tutur Sujarno.  

Sementara, dalam sambutannya, Nanang menyampaikan kekagumannya kepada Desa Rawaselapan. Menurutnya, partisipasi masyarakat dalam upaya membenahi desanya untuk menjadi yang terbaik begitu tinggi.  

"Desa Rawaselapan memang luar biasa, kita bisa sama-sama melihat betapa antusias masyarakat dari hari ke hari terus membenahi desanya untuk meraih juara satu," ujar Nanang. 

“Partisipasi masyarakat luar biasa, gotong royong sudah lama ada. Prestasi sudah pernah diraih. Ini bisa jadi motivasi untuk desa-desa lain, agar bisa dijadikan contoh," katanya menambahkan. 

Dikesempatan sama, Yuda Setiawan, yang mewakili Gubernur Lampung mengatakan, peran serta masyarakat desa sangat menentukan pembangunan daerah. 

Mantan Penjabat Bupati Pringsewu ini pun sangat mengapresiasi sifat gotong-royong yang masih terus lestari di Lampung Selatan. "Saya lihat (gotong-royong) sangat luar biasa. Kami berharap, ini dapat menjadi contoh bagi daerah lain di Provinsi Lampung," ujar Yuda Setiawan. 

Yuda juga meminta pelaksanaan pembangunan di desa dapat segera dilakukan, karena pemerintah pusat telah mengalokasi dana desa ke melaui daerah. 

Selain itu, Yuda menilai, Desa Rawaselapan memang sangat luar biasa, dalam hal dukungan dan partisipasi masyarakatnya yang patut diapresiasi. Disamping itu juga katanya, pembangunan di Lampung Selatan telah benar-benar dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. 

"Saya mengakui Rawaselapan sudah cantik, jadi kami hanya tinggal melihat hatinya. Nanti kami membagi tugas kepada tim penilai untuk mengunjungi titik penilaian,” pungkasnya. 

Adapun aspek penilaian lomba desa itu meliputi tingkat perkembangan pendidikan pasyarakat, tingkat kesehatan masyarakat, tingkat perkembangan ekonomi dan kerakyatan, tingkat keamanan dan ketertiban, tingkat partisipasi masyarakat, penyelenggaraan pemerintahan desa, lembaga kemasyarakatan serta pemberdayaan kesejahteraan keluarga. (alp).






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos