Akhirnya Ketua KPU Lampung Temui Mahasiswa yang Berdemo

img
Ketua KPU Provinsi Lampung Nanang Trenggono menemui pendemo. Foto: acw

Harianmomentum.com--Permintaan para pendemo untuk bertemu Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Lampung Nanang Trenggono akhirnya terwujud.

Nanang mendatangi para pendemo yang tergabung dalam kesatuan aksi mahasiswa muslim Indonesia (Kammi) Bandarlampung sekira pukul 15.00 WIB, Senin (29-4-2019).

Dalam paparannya, Nanang menyatakan bahwa KPU setempat siap menerima dan mengakomodir setiap aspirasi masyarakat.

Kami apresiasi kontrol yang dilakukan para mahasiswa. Aspirasi kalian kami terima dan akan kami bahas dalam rapat pleno KPU,” kata Nanang kepada pendemo.

Nanang memastikan bahwa proses penghitungan suara yang sedang berlangsung dapat berjalan baik, jujur, adil dan transparan. “Saya menjamin sistem penghitungan suara di KPU bisa dijamin objektivitasnya,” ujarnya.

Terkait pernyataan pendomo yang mengatakan bahwa KPU diduga tidak netral, Nanang membantahnya.

“Saya menolak kalau dikatakan KPU memihak kepada salah satu kandidat dalam Pemilu 2019,” tegasnya.

Bahkan menurut Nanang, dia telah mengintruksikan para anggotanya untuk tidak terlalu dekat dengan para calon legislatif (caleg).

“Walu kami berteman dengan para caleg, namun kami sebagai penyelenggara tetap mengambil jarak dengan mereka. Bahkan saya telah memerintahkan agar (anggota KPU) saat ini tidak bertemu dengan para caleg terlebih dahulu, apalagi saat penghitungan suara seperti ini,” jelasnya.

Sementara terkait banyaknya KPPS yang wafat dan sakit saat Pemilu 2019 berlangsung, Nanang menyatakan bahwa hal tersebut pasti menjadi bahan evaluasi.

“Kita evaluasi terkait masalah ini, sebab memang benar kata para mahasiswa, banyak yang sakit bahkan wafat saat penyelenggaraan Pemilu 2019 berlangsung,” jelasnya.

Sebelumnya, para mahasiswa meminta agar Ketua KPU Provinsi Lampung Nanang Trenggono menemui massa yang telah berdemo di depan kantor KPU setempat sejak pukul 14.00 WIB.

Namun saat itu Ketua KPU Lampung Nanang Trenggono sedang tidak ada dikantornya, sebab dia sedang memantau aktifitas penghitungan suara di beberapa kecamatan di Bandarlampung.

Baca juga: Ketua KPU Lampung Diminta Temui Mahasiswa yang Berdemo

Akhirnya tiga Anggota KPU Lampung: M. Tio Aliyansyah, Erwan Bustami dan Solihin yang menemui para pendemo tersebut.

“Ketua KPU Lagi monitoring, sekarang lagi di Kecamatan Bumiwaras,” kata Anggota KPU Lampung M. Tio Aliyansyah.

Tio mempersilahkan para mahasiswa jika ingin menunggu kedatangan Ketua KPU Lampung. Namun dia menyarankan agar para mahasiswa dapat menyampaikan aspirasinya kepada anggota KPU saja tanpa harus menunggu kedatangan ketuanya.

“Kalau mau menunggu silahkan. Tapi pada prinsipnya, kami menerima siapapun yang hadir untuk menyampaikan aspirasi. Aspirasi kalian ini nantinya akan kita sampaikan ke ketua KPU dan akan kami bahas di rapat pleno,” terangnya.

Namun mahasiswa tetap meminta untuk bertemu dengna Ketua KPU setempat. Akhirnya Tio menelepon ketuanya, Nanang Trenggono. Beberapa menit kemudian Nanang datang dan langsung menemui para mahasiswa tersebut.(acw)






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos