DPR RI Dapil Lampung Didominasi Wajah Lama

img
Ilustrasi// ist

Harianmomentum.com--Berdasarkan hasil pleno rekapitulasi penghitungan suara KPU Provinsi Lampung, wajah lama diprediksi masih menghiasi caleg DPR RI terpilih dari dapil Lampung.

Akademisi Unila Yusdianto berpendapat, para petahana yang kembali duduk di legislatif dianggap mampu memperjuangkan aspirasi masyarakat.

“Maka wajar bila mereka masih mendapat simpati masyarakat dan kembali terpilih di periode selanjutnya, sebab mereka pawai dalam berpolitik. Selain itu, mungkin janji-janji politiknya terdahulu benar-benar dilakukan oleh para petahana tersebut,” kata Yusdianto kepada harianmomentum.com, Senin (13-5).

Walau begitu, tetap ada wajah baru yang menghiasi DPR RI dapil Lampung. “Biasanya wajah baru punya semangat yang lebih dari petahana. Ini yang terkadang membuat lengah para petahana itu sendiri,” jelasnya.

Berdasarkan hasil pleno KPU Lampung yang telah berakhir pada Sabtu (11-5), di dapil Lampung satu dan dua, dengan kuota masing-masing 10 kursi masih dihiasi para caleg petahana. 

Sebab, dari total 20 kursi DPR RI dapil Lampung hanya tujuh wajah baru yang akan beranjak ke Senayan.

Seperti di dapil satu, wajah petahana yang berpeluang besar kembali ke Senayan yakni: Zulkifli Anwar dari Demokrat; Zulkifli Hasan dari PAN; Ahmad Muzani dari Gerindra; Al Muzzamil Yusuf dari PKS; Sudin dan Endro S. Yaman dari PDIP.

Sedangkan empat kursi lainnya akan diisi wajah baru, yakni: Mukhlis Basri dari PDIP, Lodewijk F. Paulus dari Golkar, Muhammad Kadafi dari PKB, dan Taufik Basari dari Nasdem.

Sementara di dapil Lampung dua, petahana yang berpeluang kembali ke duduk di legislatif yakni: Azis Syamsudin dari Golkar; Dwita Ria Gunadi dari Gerindra; Ela Siti Nuriamah dari PKB; Marwan Cik Asan dari Demokrat; Tamanuri dari Nasdem; Junaidi Auly dari PKS dan Alimin Abdullah dari PAN.

Tiga kursi lain di dapil dua Lampung akan diisi wajah baru, yakni: Bambang Suryadi dan I Komang Koheri dari PDIP, mantan anggota DPRD Provinsi Lampung dan Hanan A. Rozak dari Golkar.(acw)

Berikut perolehan kursi masing-masing partai politik (parpol) DPR RI Dapil Lampung:

PDIP

Mukhlis Basri

Sudin

Endro S. Yaman

Bambang Suryadi

I Komang Koheri

Demokrat

Zulkifli Anwar

Marwan Cik Asan

Golkar

Lodewijk F. Paulus

Azis Syamsudin

Hanan A. Rozak

PAN

Zulkifli Hasan

Alimin Abdullah

Gerindra

Ahmad Muzani

Dwita Ria Gunadi

PKS

Al Muzzamil Yusuf

Junaidi Auly

PKB

Muhammad Khadafi

Ela Siti Nuriamah

NasDem

Taufik Basari

Tamanuri

Sumber: Hasil pleno rekapitulasi penghitungan suara KPU Provinsi Lampung.



Leave a Comment