Lampung Barat Terima WTP Kesembilan

img
Edi Novial, Sunarto, Parosil Mabsus. Foto. Ist.

Harianmomentum.com--Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) memberikan penghargaan opini wajar tanpa pengecualian (WTP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Kabupaten Lampung Barat (Lambar) Tahun Anggaran 2018.

Penghargaan Opini WTP itu merupakan yang kesembilan kali berturut diraih Pemkab Lambar, sejak tahun 2010.

Kepala BPK RI Perwakilan Lampung Sunarto menyerahkan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) LKPD Lampung Barat Tahun Anggaran 2018 kepada Bupati Parosil Mabsus dan Ketua DPRD Edi Novial. Kegiatan berlangsung di Kantor Pewakilan BPK Lampung, Kamis (23-5-2019). 

Parosil Mabsus menyampaikan terima kasih kepada semua pihak atas pencapaian itu. Menurut dia, semua keberhasilan itu merupakan hasil kerja keras seluruh jajaran Pemerintah Kabupaten Lambar dan masyarakat.

Diharakan pencapaian tersebut menjadi pemacu untuk terus berkerja lebih baik dan mempertahankan prestasi yang telah diraih.

Diraihnya WTP juga menumbuhkan kepercayaan masyarakat terhadap kinerja pemerintah. Hal ini menjadi modal besar dalam pembangunan Kabupaten Lampung Barat demi terwujudnya kesejahteraan masyarakat. 

Ia mengajak seluruh OPD Pemerintah Kabupaten untuk terus memacu kinerja, “peraihan opini WTP ini hendaknya menjadi pemacu kinerja “, katanya.

Terkait hal tersebut, ia juga mengatakan, WTP merupakan wujud dari komitmen, tekad dan semangat serta kerjasama dan kerja keras dari seluruh jajaran DPRD, Organisasi Perangkat Daerah dan bimbingan, petunjuk dan arahan segenap jajaran BPK RI Perwakilan Jateng dari waktu ke waktu.

Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD) Kabupaten Lampung Bara Sudarto M menjelaskan, opini adalah pernyataan profesional sebagai kesimpulan pemeriksa mengenai tingkat kewajaran informasi yang disajikan dalam laporan keuangan.

Pemeriksaan laporan keuangan itu didasarkan pada beberapa kriteria antara lain: adanya kesesuaian dengan standar akuntansi pemerintahan (SAP), kecukupan pengungkapan (adequate disclosures). Selanjutnya,  kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan, dan efektivitas sistem pengendalian intern.

Kunci sukses dalam memperoleh WTP adalah komitmen, yaitu komitmen dari para pimpinan di Kabupaten Lambar,  mulai dari bupati/wabup, pimpinan dan anggota DPRD, para kepala OPD dan jajaranya serta dukungan masyarakat.

Pemkab Lambar segera menindaklanjuti rekomendasi terkait laporan pemeriksaan yang dianggap masih kurang maksimal.

Memperoleh WTP tidak berarti laporan keuangannya sempurna, tetap masih ada hal yang kurang dan segera ditata dengan baik. (lem)






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos