Mukhlis Basri Diprediksi Pimpin PDIP Lampung

img
Illustrasi. Foto: Google.

Harianmomentum--Bupati Lampung Barat Mukhlis Basri diprediksi akan memimpin Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Lampung.

 

"Saya yakin Bang Mukhlis akan dipercaya menjadi Ketua DPD PDIP Lampung periode mendatang," kata Ketua Banteng Muda Indonesia (BMI) Lampung, Oking Ganda Miharja, Rabu (21/6).

 

Menurut dia, keyakinan itu bukan tidak memiliki dasar yang jelas. "Kita tahu bahwa saat ini lebih dari 10 kepemimpinan PDIP di tingkat cabang atau daerah se Lampung ikut mendukung beliau (Mukhlis Basri.red)," kata Oking.

 

Ia melanjutkan, Mukhlis mengawali karir politik di PDIP dari bawah. Dia mantan ketua Ranting (Kordes) Pekon Purawiwitan, mantan ketua PAC (Korcam) Kecamatan Sumberjaya, dan Ketua DPC PDIP Lambar selama tiga periode.

 

Bahkan, ia melanjutkan, tidak hanya kader saja yang mengetahui loyalitasnya terhadap partai. "Kader partai politik (parpol) lain juga sudah mengakui kegigihan Bang Mukhlis," katanya.

 

Ia juga menyebutkan, saat pemilihan bupati periode lalu, bahkan dapat meraih dukungan mencapai 90 persen sehingga untuk Lampung Barat dapat menjadi basis dukungan PDIP.

 

Selain itu, kata dia, saat pemilihan ketua DPD lalu juga hampir seluruh kader di 15 kabupaten/kota se Lampung mengharapkannya memimpin PDIP Lampung.

 

"Jadi, setelah Pak Ketua Sjahcroedin ZP ditunjuk sebagai Dubes Kroasia, maka kemungkinan yang akan menjabat Ketua DPD PDIP Lampung ke depan adalah Bang Mukhlis Basri," kata dia.

 

Saat ditanya soal prediksi Mukhlis Basri memimpin PDIP Lampung, akademisi Unila Yusdianto mengatakan bisa saja terjadi hal tersebut.

 

"Mukhlis memiliki popularitas untuk hal tersebut, potensinya sebagai pemimpin juga sudah teruji dengan menjadi bupati dua periode di Lampung Baratm" katanya.

 

Menurut dia, siapapun yang dekat dengan Ketua Umum dan bisa menunjukkan loyalitas terhadap partai, maka dia akan terpilih menjadi Ketua DPD PDIP.

 

"Apalagi PDIP adalah partai yang sentralistik, komandonya jelas tegas dan langsung dari Ketua Umum, maka siapa yang bisa dekat cenderung akan terpilih olehnya," tuturnya. 

 

Dia menilai, Mukhlis Basri adalah orang yang loyal dan telah berbuat cukup banyak untuk PDIP.

 

"Calon pasti mempunyai kelebihan dan kekurangannya, tetapi yang paling utama adalah dilihat dari kepentingan partai itu sendiri," ujarnya. Dia menerangkan, apalagi PDIP sebagai tim pemenang di Lampung.

 

"Siapapun yang terpilih, maka dia akan mengemban tugas berat untuk mengembangkan, meneruskan dan membesarkan partai," katanya pula.

 

Sebelumnya, politisi PDIP Lampung Mukhlis Basri juga menyatakan akan fokus untuk membesarkan partai.

 

"Saya ingin konsen membesarkan partai yang telah mengangkat harkat dan derajat hidup saya dan keluarga seperti sekarang. Mengurus dan membesarkan partai dengan sepenuh hati adalah jalan pengabdian dan balas jasa saya kepada partai," kata dia.

 

Ditanya soal kesiapan maju Pilgub Lampung 2018, Mukhlis menyatakan hanya menunggu keputusan Partai.

 

"Saat ini saya hanya ingin fokus membesarkan partai. Mengingat pelaksaan pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak semakin dekat, maka penguatan mesin partai akan terus dilakukan," kata Wakil Ketua DPD PDIP Lampung tersbeut.

 

Menurut Mukhlis, dirinya berniat maju sebagai ketua DPD PDIP Lampung menggantikan Sjachroedin ZP yang menjadi Dubes RI untuk Kroasia bukannya tanpa proses.

 

"Sesuai jenjang karir kepartaian. Siapa pun di partai kader dan ideologis yang pernah menjadi ketua ranting tentu ingin jadi ketua PAC, selanjutnya ketua DPC, dan puncaknya jadi ketua DPD. Jadi sebagai kader cita-cita ini lumrah," ungkapnya.(ag/awn)


Editor: Harian Momentum


Leave a Comment