Pandansari Selatan Ikut Lomba Toga Tingkat Provinsi

img
Wakil Bupati Pringsewu Fauzi (tiga dari kiri) menghadiri penilaian lomba pemanfaatan Toga tingkat Provinsi Lampung

Harianmomentum.com--Pekon Pandansari Selatan, Kecamatan Sukoharjo terpilih mewakili Kabupaten Pringsewu mengikuti lomba kelompok asuhan mandiri pemanfaatan tanaman obat keluarga (Toga) dan akupresure 2019 tingkat Provinsi Lampung.

Tim penilai dari Provinsi Lampung dipimpin Uki Basuki Pekon berkunjung ke Pandansari Selatan, Selasa (25-6-2019) untuk melakukan penilaian.

Tiba di lokasi, Uki Basuki dan rombongan disambut  Wakil Bupati Pringsewu Fauzi bersama Ketua TP-PKK Kabupaten Pringsewu Nurrohmah Sujadi dan Wakil Ketua Rita Irviani Fauzi, serta Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Andi Wijaya, dan Kadis Kesehatan Purhadi.

Menurut Fauzi, kegiatan pengasuhan mandiri pemanfaatan tanaman obat keluarga dan akupresure di Kabupaten Pringsewu, dilaksanakan kelompok-kelompok kecil yang terdiri dari keluarga binaan yang difasilitasi para kader dan dibina oleh puskesmas maupun pemerintah daerah.

Penyelenggaraan asuhan mandiri kesehatan tradisional sebagai pendekatan keluarga sehat, dapat menjadi potensi besar bagi masyarakat. Selain mendorong masyarakat untuk mandiri dalam memelihara kesehatannya, juga akan mengurangi konsumsi obat konvensional atau kimia.

Untuk itu, diperlukan penguatan peran puskesmas dalam mendukung upaya promotif dan preventif guna terimplementasinya pendekatan keluarga dalam membangun kesadaran dan kebiasaan pola hidup sehat.

Wabup Fauzi mengharapkan upaya pengembangan pelayanan kesehatan tradisional yang berstandar dapat memberikan alternatif pengobatan yang aman bagi masyarakat. Sekaligus mempertahankan budaya leluhur bangsa terutama di bidang kesehatan tradisional.

Sementara Kepala Pekon Pandasari Selatan Ngadiran memaparkan, di wilayahnya tercatat delapan kelompok wanita tani dengan 40 kepala keluarga binaan. Mereka menanam tanaman obat keluarga.

Menurutnya, tanaman TOGA itu ditanam di sekitar rumah atau memanfaatkan pekarangan yang kosong. 

Ngadiran menuturkan, warganya melalui kelompoknya telah mengikuti  berbagai pelatihan yang digelar oleh Pemkab Pringsewu. 

Sedang terkait keikut sertaan lomba di tingkat Provinsi Lampung itu, Kakon Pandasari Selatan mengaku siap untuk mengikuti lomba tingkat nasional. "Kalau dipercaya kami akan mempersiapkan segala sesuatunya," aku Ngadiran. (lis).






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos