Pemkot Metro akan Relokasi Pedagang di Taman Merdeka

img
Rakor Pemkot Metro membahas penataan Taman Merdeka . Foto: Opie (H-Momen)

Harianmomentum--Pemerintah Kota (Pemkot) Metro berencana merelokasi pedagang dan pemilik usaha penyewaan peramainan anak-anak yang selama ini mangkal di kawasan Taman  Merdeka kota setempat. Rencana tersebut terungkap dalam rapat koordinasi (rakor) jajaran pemkot setempat, Rabu (5/7).

 

Rakor yang berlangsung di ruang rapat kantor pemkot itu dipimpin Sekretaris Daerah Kota (Sekdakot) Metro Nasir AT.  Menurut Nasir, relokasi pedagang tersebut bertujuan mengembalikan fungsi utama Taman Merdeka sebagai ruang terbuka hijau.

 

Dia menilai, saat ini kondisi Tanam Merdeka sudah menyimpang dari fungsi utamanya. Bahkan, banyaknya pedagang dan pemilik usaha penyewaan permainan anak-naka di kasawan tanam itu, menjadi salah satu penyebab kemacetan lalu lintas pada sejumlah jalan protokol di Kota Metro.          

 

“Taman akan kita tata dan dikembalikan sesuai fungsi utamanya sebagai ruang terbuka hijau dan rencananya dibuat pemagaran kecil,” kata Nasir.

 

Dia menegaskan, relokasi pedagang dan pemilik usaha lain dari kawasan Taman Merdeka itu mengacu pada Peraturan Daerah (perda) Kota Metro Nomor 05 Tahun 2010.  

 

Terkait, lokasi baru untuk penempatan para pedagang yang akan direlokasi dari Taman Merdeka, masih akan dibahas oleh pemkot setempat.

 

“Sebelum relokasi dilakukan, pemkot akan lebih dulu memberikan surat edaran kepada para pedagang, termasuk sosialisasi calon lokasi penempatan pedagang,”  kata  Nasir. (sya/pie)






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos