Partai Demokrat Usulkan Calon Ketua DPRD Lampura

img
Ilustrasi kursi DPRD//ist

Harianmomentum.com--Partai Demokrat Lampung Utara (Lampura) mulai menggodok nama-nama anggota legislatif (aleg) terpilih yang bakal diusulkan ke DPP sebagai calon ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) setempat.


Hal itu dikatakan oleh Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Demokrat Lampura, Yusrizal saat dihubungi melalui sambungan telepon, Senin (29-7) malam.

"Tujuh kader Demokrat terpilih memiliki peluang untuk menjadi Ketua DPRD. Namun ada syarat yang harus dipenuhi seperti suara terbanyak dan loyalitas serta totalitas untuk partai," kata Yusrizal.


Untuk itu, lanjut dia, DPC Demokrat akan mengagendakan rapat pematangan terkait nama-nama kader yang diusulkan ke DPP untuk ditetapkan sebagai Ketua DPRD.

 

"Meski DPP yang memutuskan tetapi rekomendasinya dari DPC yang disampaikan melalui DPD. Karena DPC lah yang tahu persis situasi di daerah," kata dia.

 

Ditanya siapa saja nama calon terkuat yang akan diusulkan sebagai Ketua DPRD Lampura. Yusrizal enggan menjawab secara jelas.

 

Namun menurut dia, tiga nama yang memenuhi kriteria akan diusulkan ke DPP. “Insya Allah Rabu, 31 Juli nanti kita akan rapat di DPC untuk itu," ujarnya

 

Saat disebutkan tiga nama, Wansori, Joni Bedyal dan Herwan Mega calon kuat yang bakal diusulkan. Mantan Ketua DPRD Lampura periode 2009-2014 itu tidak menolak, namun tidak pula membenarkan. "Ya, bisa jadi," jawabnya singkat.

 

Terpisah, Wansori, salah satu kandidat kuat dari tiga nama yang digadang-gadang berebut kursi Ketua DPRD menyatakan kesiapannya jika nanti diberi amanah oleh partai untuk menjadi Ketua DPRD.

 

Wansori merupakan caleg Demokrat Lampura yang mendapat suara terbanyak, yaitu 4.070 pada Pemilu 17 April lalu.

 

"Insyaallah saya siap mengemban amanah, sebab sebagai kader apapun yang diintruksikan partai harus dijalani," kata Ketua Komisi II DPRD Lampura itu melalui sambungan telepon, Selasa (30-7).

 

Diberitakan, perolehan tujuh kursi legislatif di DPRD Lampura menempatkan Demokrat sebagai partai pemenang pada Pemilihan Umum 2019. Dengan perolehan itu, Partai Demokrat berhak mendapatkan kursi Ketua DPRD Lampura.

 

Ketujuh aleg DPRD Lampura terpilih itu dari Partai Demokrat periode 2019-2024: Herwan Mega dengan suara 3233; Juljani dengan suara 2543; Wansori dengan suara 4070; Joni Bedyal dengan suara 3821; Rendy Apriansyah (Demokrat) dengan suara 2147; Edi Sarnobi (Demokrat) dengan suara 3067; dan Romli (Demokrat) dengan suara 2905.


Sebelumnya, KPU Lampura telah mengajukan surat keputusan (SK) KPU bernomor : 039/HK 04.1-Kpt/1803/KPU-Kab/VII/ 2019 tentang penetapan 45 anggota legislatif (aleg) terpilih kepada Gubernur Lampung  melalui Bupati Lampura.(ysn/acw)






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos