Empat Kriteria Calon Kada PKS Lampung

img
Ketua DPW PKS Lampung Ahmad Mufti Salim di Komisi V DPRD Provinsi Lampung//acw

Harianmomentum.com--Ada empat kriteria calon kepala daerah (kada) yang akan diusung oleh Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PKS Provinsi Lampung Ahmad Mufti Salim mengatakan, kriteria yang pertama adalah punya visi dan misi yang baik untuk kemaslahatan rakyat.

“Penilaian pertama visi dan misinya. Jadi akan kita lihat, yang paling maslahat untuk rakyat itu lah yang dapat skor (penilaian) terbaik,” kata Mufti saat diwawancarai harianmomentum.com di Komisi V DPRD Provinsi Lampung, Rabu (31-7-2019).

Kriteria kedua menurut Anggota PPRD Provinsi Lampung itu, calon yang akan diusung mau berpasangan dengan calon kada dari internal PKS.

“Kita akan mengusung calon yang mau secara intensif berkolisi dengan PKS. Salah satu tolak ukurnya adalah mau menggandeng kader (PKS),” ungkapnya.

Selanjutnya kriteris ketiga adalah memiliki jaringan yang luas. “Kita lihat potensi menangnya. Kalau dia politisi yang pernah mencalonkan diri kita lihat jumlah suara yang didapatkannya,” jelasnya.

Kriteria yang terakhir yaitu track record (rekam jejak) calon kada. “Kita tidak mencalonkan yang tiba-tiba muncul. Jadi kalau ada calon yang tiba-tiba turun dari langit, naik dari bumi itu tidak akan kita usung,” kata Mufti sambil bercanda.

Menurut Mufti, proses penjaringan dan penyaringan bakal calon kada PKS Lampung akan dibuka dalam waktu dekat.

“Nanti Fit and proper test (uji kemampuan dan kepatutan) calon kada dilakukan di masing-masing DPD,” jelasnya.

Diberitakan, pada 2020 akan berlangsung pilkada serentak di delapan wilayah Lampung: Bandarlampung, Lampung Selatan, Metro, Pesawaran, Lampung Timur, Lampung Tengah, Waykanan dan Pesisir Barat.(acw)






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos