JNE Apresiasi WMS jadi Penyelenggaraan CMWC 2019

img
Kurir JNE-WMS ikut Kejuaraan Kurir Sepeda Dunia.

MOMENTUM, Bandarlampung--Perusahaan jasa pengiriman Jalur Nugraha Ekakurir (JNE) mengapresiasi Westbike Messenger Service atau WMS menjadi penyelenggara kejuaraan kurir sepeda dunia/Cycle Messenger World Championships (CMWC) 2019. WMS merupakan anggota IBMA/Indonesia Bike Messenger Association atau Asosiasi Kurir Sepeda Indonesia. 

Sejak kejuaraan kurir sepeda dunia Cycle Messenger World Championships (CMWC) yang ke-25 (Agustus 2017) di Montreal - Kanada, WMS mengajukan Indonesia sebagai tuan rumah penyelenggara kegiatan selanjutnya.

Proposal ini akhirnya mendapat persetujuan dari International Federation of Bike Messengers Association (IFBMA).

Hingga akhirnya terselenggara CMWC 2019 atau yang ke-27 di tahun 2019. Untuk pertama kalinya digelar di Indonesia tepatnya di Jalan Expo Kemayoran Jakarta pada 23-25 Agustus 2019. 

CMWC 2019 akan diikuti oleh 380 peserta dari 34 negara. Kegitan itu merupakan ajang berkumpul dan berkompetisi bagi para kurir sepeda dari seluruh dunia.

Dari total peserta tersebut, 89 orang adalah rider asal Indonesia dan dua orang diantaranya adalah kurir JNE – WMS. Setelah melalui beragam tantangan, total 60 rider melaju ke babak final, termasuk 2 orang kurir JNE – WMS bersama 4 orang rider asal Indonesia lainnya.

Walaupun belum meraih peringkat tiga besar, namun rider JNE – WMS, Binangkit Djati berhasil meraih peringkat ke-29.

Nilai yang diraihnya dalam ajang itu mengalahkan ratusan rider dari berbagai negara, seperti Amerika Serikat, Australia. Dalam kesehariannya sebagai kurir sepeda JNE – WMS, Binangkit terbiasa meng-handle lebih dari 100 paket per hari ke seluruh alamat tujuan di area Kota Bandung.

“Sebuah kebanggaan Indonesia menjadi tuan rumah Cycle Messenger World Championship ke-27 tahun 2019. Sebab, jadi tuan rumah CMWC itu susah sekali. Akhirnya digelar di Indonesia tahun ini adalah hasil bidding kita 2 tahun lalu”, ujar Hendi Rachmat, Ketua Penyelenggara CMWC 2019 sekaligus CEO Westbike Messenger Service.

Hendi pun mengungkapkan banyak negara berebut ingin jadi tuan rumah CMWC tiap tahun. Indonesia adalah negara kedua di Asia setelah Jepang yang berhasil menjadi tuan rumah ajang ini.

Negara yang sering menang bidding dan mendapatkan kesempatan menjadi penyelenggara CMWC adalah Amerika Serikat dan Negara – Negara di Amerika Selatan, serta Eropa. 

Eri Palgunadi, VP of Marketing JNE, mewakili JNE sebagai mitra eksklusif WMS juga menyampaikan rasa bahagia dan bangga atas terselenggaranya CMWC 2019. “Selamat kepada WMS yang berhasil menyelenggarakan event bertaraf internasional ini yang perdana di Indonesia. Kami pun turut bangga atas prestasi yang diraih oleh para rider asal Indonesia, terutama Binangkit Djati yang merupakan kurir sepeda JNE - WMS di Bandung,” ujarnya.

JNE pun menggelar booth khusus yang berisi berbagai entertainment untuk seluruh peserta yang hadir di CMWC 2019. Terdapat berbagai penampilan atraktif dari komunitas sepeda BMX, DJ performance, sampai dengan fasilitas karaoke yang dapat dinikmati semua pengunjung mau pun para rider.

Setelah selama dua tahun JNE bekerja sama dengan WMS, peningkatan pengiriman dengan menggunakan moda transportasi sepeda semakin banyak. Jumlah paket yang dikirimkan oleh kurir JNE – WMS tahun 2018 meningkat lebih dari 40 persen dibanding tahun sebelumnya. Dari sekitar 450 ribu paket selama tahun 2017, bertambah menjadi total lebih dari 1 juta paket sepanjang tahun 2018.

Bahkan, karena meningkatnya jumlah pengiriman dan kondisi perkotaan yang semakin padat, mulai 2017 lalu JNE – WMS semakin memperluas area operasionalnya. Kini selain di Jakarta, JNE – WMS juga beroperasi di Bandung, Surabaya, Lampung dan Medan dengan jumlah kurir mencapai lebih dari 85 orang pesepeda.

Westbike Messenger Service atau WMS merupakan mitra eksklusif JNE dalam menghadirkan layanan kurir sepeda sejak 2016. Kerjasama khusus yang dijalin adalah sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan dan juga sebagai solusi akan padatnya lalu lintas perkotaan, serta kebijakan ganjil – genap, mau pun larangan melintas untuk kendaraan bermotor di beberapa ruas jalan.(red)






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos