Pemprov Dukung Penerapan Digitalisasi Pelabuhan Panjang

img
Peresmian automatic container terminal "auto gate system", di Terminal Peti Kemas, Pelabuhan Panjang.

MOMENTUM, Panjang--Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung mendukung penerapan program digitalisasi guna memaksimalkan pelayanan di IPC Pelindo II Cabang Panjang.

Hal tersebut disampaikan Wakil Gubernur Chusnunia usai meresmikan automatic container terminal "auto gate system", di Terminal Peti kemas, Pelabuhan Panjang, Senin (9-9-2019).

"Pemprov mendukung penuh pelabuhan Panjang menjadi pionir digitalisasi pelabuhan di Indonesia," kata Nunik--biasa disapa--.

Dia juga berharap penerapan digitalisasi tersebut dapat meningkatkan kualitas pelayanan agar lebih mudah, cepat, dan murah, serta berdampak langsung terhadap peningkatan perekonomian Lampung.

“Pemprov akan mendukung Pelindo II Cabang Panjang terkait digitalisasi auto gate system. Hal ini sebagai upaya dalam peningkatan kualitas layanan, produktivitas, dan kinerja yang lebih efektif dan efisien,” ujar Wagub Chusnunia Chalim.

Dengan diterapkannya auto gate system itu, Wagub Chusnunia berharap adanya pelayanan yang lebih maksimal dari sebelumnya. Kalau sudah maksimal tentunya akan membawa efek bagi perekonomian Lampung.


"System ini juga diharapkan mempermudah dalam pendistribusian komoditas Lampung, yang berdampak pada meningkatnya ekspor yang bermuara pada meningkatnya perekonomian masyarakat Lampung,” jelasnya.

Lebih dari itu, dengan semakin maju Pelabuhan Panjang ini, Wagub Chusunia berharap Pelabuhan Panjang menjadi sub regional yang membuat Lampung maju dan terdepan di Pulau Sumatera.

Kepala Kantor Wilayah Bea Cukai Sumatera Bagian Barat, Yusmariza menjelaskan penerapan auto gate system merupakan salah satu upaya dalam mewujudkan iklim investasi dan usaha yang kondusif dengan memperlancar logistik ekspor dan impor. 

"Sebagai bentuk dukungan terhadap Auto Gate System, kepala kantor Bea Cukai telah mengeluarkan keputusan terkait uji coba auto gate system. Sekaligus menempatkan pegawai bea cukai pada control room," jelasnya. 

Penerapan auto gate System, jelas Yusmariza, merupakan bentuk kepercayaan Bea Cukai kepada Pelindo II Cabang Panjang untuk mengelola sendiri pemasukan dan pengeluaran barang dari TPS Online tanpa pengawasan langsung.(red)






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos