Penempatan Kepsek Tanpa Mahar

img
Ilustrasi/NET

Harianmomentum--Tidak ada setoran atau mahar dalam penempatan posisi jabatan kepala sekolah (Kepsek) menengah pertama (SMP) dan dan sekolah dasar (SD) di Kota Metro.

 

Hal tersebut ditegaskan Sekretaris Daerah Kota (Sekdakot) Metro A. Nasir AT saat membuka sosialisasi dan diklat calon kepala sekolah di aula kantor Dinas pendidikan dan kebudayaan (disdikbud) setempat, Rabu (12/7).

     

"Tidak ada yang namanya mahar. Pemilihan calon kepala sekolah itu murni karena prestasi dan kemampuan dari masing-masing calon. Bukan karena ada mahar," kata  Nasir.

 

Menurut dia, siapa pun bisa menjadi pengajar, tapi hanya guru yang mampu memberi contoh baik yang bisa menjadi pemerakarsa atau memberikan ide motivasi, kepada siswa untuk meraih prestasi.

 

"Kalau yang pakai mahar-mahar kan tidak bisa menjadi pemberi contoh, pemberi ide dan memberikan motivasi atau dorongan. Kalau hanya sekedar jadi pengajar, tukang bangunan pun bisa," terangnya.

 

Dia berpesan, kepada guru dan kepala sekolah, agar dapat mengamalkan tiga fungsi tersebut. Artinya, guru bukan hanya sekedar menjadi pengajar, tetapi bisa menjadi pemberi motivasi, pemberi ide dan memberikan contoh yang baik. (sya/pie)






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos