Pasar Tugu Selesai Dibangun, Pedagang di TPS Segera Direlokasi

img
Pasar Tugu Talangpadang Tanggamus. Foto: Google.

Harianmomentum--Pemkab Tanggamus dalam waktu dekat akan merelokasi pedagang yang saat ini berdagang di tempat penampungan sementara (TPS)  Kampungduren, Pekon (desa) Sukarame. Relokasi tersebut menyusul selesainya pembangunan Pasar Tugu, Kecamatan Talangpadang.

“Semua pedagang yang ada di tampat penampungan sementara (TPS) itu akan kita pindahkan ke Pasar Tugu yang sekarang sudah selesai dibangun,” kata Wakil Bupati Tanggamus di sela Halal bi Halal dengan masyarakat di Masjid Al Islah, Pasar Madang, Kecamatan Kotaagung, Jumat (14/7).        

Menurut wabup, saat ini untuk kios/hamparan di lantai dua Pasar Tugu prosesn pembangunannya belum selesai seratus persen. 

”Kalau dilantai dua itu sudah jadi maka seluruh pedagang di TPS wajib pindah ke dalam pasar. Kalau masih di TPS artinya mengganggu ketertiban dan kita punya peraturan daerah (perda) tentang ketertiban,” terangnya didampingi Kepala Dinas Perdagangan (Disdag) Zulfadli dan Kasat Pol PP Yumin, BA.

Samsul juga mengatakan, bahwa  pihaknya akan mencoba memanggil pihak-pihak terkait untuk duduk satu meja, membahas masalah relokasi pedagang tersebut. 

”Kita tentunya tidak ingin persoalan ini menjadi polemik atau bahkan terjadi keributan hingga adu fisik antara masyarakat sekitar TPS dengan pedagang. Nanti kita akan mediasi lagi,  mudah-mudahan dengan mediasi ini mencapai win-win solution,” harapnya.

Kepala Disdag Tanggamus Zulfadli mengatakan tidak ada permasalahan dengan harga kios/hamparan yang ditawarkan oleh PT Nilam Jaya Buana (NJB) selaku pengembang Pasar Tugu Talangpadang.

Menurut dia, sejak awal pasar dibangun pengembang sudah membicarakan harga kios/hamparan dengan para pedagang. 

”Kalau soal harga saya rasa tidak ada masalah, kan sudah dibahas jauh-jauh hari oleh pengembang dan pedagang. Saat itu pedagang menyanggupi, dan sistem pembayarannya juga tidak langsung cash tapi bisa dicicil,” terangnya. (rls)








Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos