Kemenag Bandarlampung Punya Gedung Layanan Haji dan Umroh Terpadu

img
Peresmian gedung Pusat Layanan Haji dan Umroh Terpadu di Kantor Kementerian Agama Kota Bandarlampung

MOMENTUM, Bandarlampung--Sarana dan prasarana penunjang di Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Bandarlampung, bertambah. Kantor tersebut, kini punya Gedung Pusat Layanan Haji dan Umroh Terpadu (PLHUT).

Senin (16-12-2019) gedung baru itu diresmikan Direktur Jendral Penyelenggara Haji dan Umroh Kementerian Agama Republik Indonesia Nizar Ali.

"Gedung ini berfungsi sebagai fasilitas penunjang pelayanan para calon jemaah haji. Tahun 2019, kami dari Dirjen Kemenag membangun 16 unit gedung layanan haji dan umroh terpadu di berbagai daerah. Salah satunya di Bandarlampung. Tahun depan kita rencanakan membangun 20 unit lagi," kata Nizar Ali.

Menurut dia, proses pembangunan gedung tersebut memakan waktu kurang lebih tiga bulan, dengan jumlah dana Rp1,5 miliar.

Dia berharap, keberadaan gedung tersebut dapat semakin meningkatkan kualitas pelayanan calon jemaah haji dan umroh di Kota Bandarlampung.

"Semoga dengan adanya gedung ini, proses pelayanan adminstrasi, informasi kepada jemaah haji dan umroh di Kota Bandarlampung semakin baik dan efektif," harapny.

Hal senada disampaikan Kepala Seksi Penyelenggara Haji dan Umroh Kemenag Bandarlampung Abdul Basid.

"Fasilitas (gedung) itu nantinya kami fungsikan sebagai pusat pelayanan data dan administrasi, bagi para calon jemaah haji dan umroh," kata Basid.

Bangunan dua lantai dengan luas 10x20 meter tersebut, rencananya mulai difungsikan pada Januari tahun 2020.

Secara teknis, menurut Abdul Basid, akan ada dua bank syariah yang membuka pelayanan di gedung itu. Pelayanan bank tersebut untuk mempermudah para calon jemaah haji dan umroh melakukan pembayaran biaya administrasi dan sebagainya.  

Selain bank, gedung tersebut juga dilengkapi fasilitas studio foto untuk kelengkapan dokumen para calon jemaah haji dan umroh, ruang rapat, aula dan ruang siskohat (sistem komunikasi haji terpadu). (rft)







Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos