Disdukcapil Terbitkan Surat Kependudukan Warga Korban Banjir

img
Dewi Handajani. Foto. Glh.

MOMENTUM, Semaka--Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Tanggmus menerbitkan surat-surat kependudukan warga Kecamatan Semaka yang hilang akibat bencana banjir beberapa waktu silam.

Sejumlah surat kependudukan warga yang sudah kelar, secara simbolis diserahkan Bupati Tanggamus Dewi Handajani di Desa Bandingsgung Pekon Waykerap Kecamatan Semaka, Jumat (31-1-2020).

Surat kependudukan yang diserahkan kepada warga itu antara lain berupa kartu keluarga (KK), kartu tanda pengenal (KTP), serta akte kelahiran dan kartu identitas anak (KIA).

Dewi meminta warga korban banjir di Bandingagung dan sekitarnya yang kehilangan surat-surat kependudukannya agar melaporkan ke Disdukcapil.

Sementara kepada Disdukcapil, Dewi memerintahkan, sebelum turun ke lokasi agar menyiapkan berkas-bekas yang dibutuhkan warga. "Jangan sampai warga bolak-balik karena Disdikcapilnya belum siap," katanya.

Aparaturnya juga diminta mengumumkan kepada warga yang kehilangan surat kependudukan untuk segera mengurus. "Pelayanan mobil KTP keliling harus jalan. Blangko KTP dan surat-surat lain yang dibutuhkan warga jangan sampai kosong," kata Dewi.

Sementara Sekretaris Disdukcapil Darma Setiawan mengatakan, hari ini sebagian besar pegawai Disdukcapil bersama UPT Kecamatan Semaka BNS Wonosobo serta operator KTP-el membagikan dokumen kependudukan warga.

Menurut dia, bandang dan tanah longsor yang terjadi beberapa waktu silam di wilayah Kecamatan Semaka, setidaknya ada enam pekon yang terdampak bencana. Seperti Pardawaras, Waykerap, Kacapura, Sedayu, Sidomulyo dan Bangunrejo. 

Para petugas tidak hanya membagikan berkas, tetapi juga melakukan pelayanan keliling. Termasuk perekaman KTP-el serta layana kebutuhan kependudukan lainnya.

Disdukcapil juga sedang susun jadwalnya untuk melaksanakan jemput bola melayani langsung masyarakat. (glh/jal).






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos