Sepakat Dukung Arinal, Musda Golkar Diprediksi Aklamasi

img
Wakil Ketua DPD I Golkar Lampung Korbid Pemenangan Pemilu Tony Eka Candra (kanan) bersama Wakil Ketua DPD I Golkar Lampung Korbid Kepartaian I Made Bagiasa. Foto: acw

MOMENTUM, Bandarlampung--Pemilihan Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) I Partai Golkar Provinsi Lampung yang dijadwalkan pada 1 Maret 2020 akan dilaksanakan secara musyawarah mufakat.

Diprediksi, pemilihan ketua yang berlangsung dalam Musyawarah Daerah (Musda) tersebut akan berlangsung aklamasi. Sebab, arus bawah kader Golkar menginginkan Arinal Djunaidi yang juga Gubernur Lampung itu untuk kembali menjabat Ketua Golkar periode selanjutnya, 2020-2025.

Hal itu disampaikan Wakil Ketua DPD I Golkar Lampung Korbid Pemenangan Pemilu Tony Eka Candra, didampingi Wakil Ketua DPD I Golkar Lampung Korbid Kepartaian I Made Bagiasa saat diwawancarai harianmomentum.com, Sabtu (8-2-2020).

Tony menjelaskan, dalam ADART Partai Golkar, pemilihan ketua DPD I dalam musda dapat dilaksanakan melalui musyawarah mufakat atau melaui pemilihan (voting).

“Golkar Lampung ini akan melaksanakannya (pemilihan ketua, red) secara musyawarah mufakat sebagaimana demokrasi pancasila. Ini juga berdasarkan aspirasi yang berkembang, dari sayap maupun hasta karya,” kata Tony usai rapat persiapan musda di Kantor DPD I Golkar setempat.

Lebih lanjut Ketua Fraksi Golkar DPRD Lampung itu mengungkapkan, seluruh kader partai tetap menginginkan Arinal untuk menakhodai Partai Golkar Lampung.

“Arus bawah kader Golkar Lampung, baik dari sayap, hasta karya, pengurus DPD II, dan DPD I tetap menginginkan beliau (Arinal Djunaidi, red) memimpin Golkar Lampung. Jadi ini aspirasi dari semuanya,” ungkapnya.

Bukan tanpa alasan Arinal diinginkan tetap memegang jabatan Ketua DPD I Golkar Lampung.

“Kita inginkan tetap Pak Arinal. Sebab kepemimpinan beliau terbukti. Pemilihan presiden, Lampung menang. Untuk pemilihan gubernur (Pilgub) Golkar juga menang. Selanjutnya pemilihan legislatif (Pileg), jumlah kursi bertambah, suara juga bertambah untuk DPR RI,” paparnya.

Bukan hanya itu, untuk Pileg tingkat provinsi Golkar dibawah kepemimpinan Arinal juga berhasil meningkatkan perolehan suaranya, walau pun jumlah perolehan kursi tetap.

Sedangkan untuk Pileg tingkat kabupaten/kota secara akumulasi suara dan kursi legislatif Golkar bertambah.

“Artinya di era kepemimpinan Pak Arinal ada keberhasilan. Insyaallah mendatang bisa lebih meningkat lagi,” harapnya.

Baca juga: Pemilihan Ketua Golkar Lampung Dijadwalkan 1 Maret

Hal senada disampaikan Wakil Ketua DPD I Golkar Lampung Korbid Kepartaian I Made Bagiasa.

Dia pun menyatakan bahwa kader Golkar Lampung mendukung sekaligus mendorong Arinal untuk kembali menakhodai partai berlambang pohon beringin tersebut.

“Sampai sekarang yang mencalonkan diri baru satu, Pak Arinal. Mudah-mudahan sampai akhir tetap satu. Sebab seluruh kader punya keinginan sama. Inginnya Pak Arinal tetap menjadi ketua kami,” kata Made.

Walau begitu, jika ada kader internal Golkar yang memenuhi persyaratan dan punya keinginan untuk mendaftar sebagai calon ketua, Made mempersilahkannya.

“Kalau ada yang mau daftar silahkan. Golkar ini kan Partai yang demokratis,” ucap Anggota DPRD Lampung itu.

Menanggapi keinginan para kader, Arinal Djunaidi menyatakan Partai Golkar tidak ada intruksi khusus. Apalagi yang sifatnya fungsional untuk mendukungnya kembali menjadi ketua.

“Jadi semuanya boleh berpartisipasi (di Musda). Sebab saya ingin membuat demokrasi di Golkar tetap ada," jelasnya.

Karena itu, semua kader Golkar yang memenuhi syarat boleh ikut mencalonkan diri di Musda tersebut.

"Tapi kalau memang nanti tanggal 1 Maret tidak ada kandidat lain. Maka saya tetap sebagai ketua," jelasnya.(acw)






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos