Sinergikan Program, Pemkab Gandeng Media Massa di Lamteng

img
Foto bersama Bupati Loekman Djoyosoemarto usai penandatanganan kerja sama antar pemerintah dan media massa di Lamteng./ist

MOMENTUM, Gunungsugih--Menyinergikan program kerja pembangunan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Tengah menggandeng media massa yang menjalankan praktik jurnalistik di wilayah setempat.

Demi mewujudkan harapan tersebut, pemerintah melalui Dinas Kominfo Kabupaten Lampung Tengah (Lamteng) melakukan penandatangan kerja sama dengan ratusan media cetak maupun elektronik televisi dan online di Ruang Rapat Kupia Emas yang dihadiri langsung oleh Bupati Loekman Djoyosoemarto pada Senin 24 Februari 2020.

Dalam laporannya, Kepala Dinas Kominfo (Diskominfo) Iman Saputra menjelaskan jumlah media cetak mingguan berjumlah 75 pengajuan. 

Kemudian, media elektronik atau online sebanyak 190 pengajuan, namun setelah dilakukan verifikasi berkas oleh tim verifikator Diskominfo Lamteng terverifikasi sebanyak 73 sehingga hanya 142 yang lolos.

Iman menjelaskan yang menjadi dasar dalam kerja sama adalah peraturan bupati nomor 8 tahun 2019 tentang pedoman kerja sama publikasi antara Pemkab Lamteng dengan media.

Ditambahkan Iman, mengingat masyarakat memerlukan informasi tentunya diperlukan sebuah kerja sama. Untuk itu, kelak dengan adanya kerja sama ini masyarakat akan dengan mudah mendapatkan informasi.

Bupati Loekman Djoyosoemarto mengatakan tujuan diselenggarakannya kerja sama agar kelak akan menjadi satu kesatuan dalam melaksanakan kehidupan bermasyarakat dan bernegara.

Ditegaskan Loekman, agar fungsi pemerintah dan media massa dapat berjalan sesuai dengan apa yang diharapkan.

Bupati menyadari baru pertama kali menyaksikan secara langsung penandatangan kerja sama ini. "Selama ini pemerintah dan media berjalan masing-masing sehingga banyak menimbulakn gesekan," ujarnya.

Oleh karena itu, melalui kerja sama ini diharapkan dapat sejalan dalam membangun kabupaten setempat.

"Pemerintah tidak akan bisa jalan sendiri tanpa keterlibatan semua potensi yang ada di Kabupaten Lampung Tengah termasuk keberadaan media, karena akan tersendatnya informasi," katanya. Dia juga menegaskan, keberadaan informasi sangat berpengaruh terhadap kemajuan Lampung Tengah.

Bupati menjelaskan ada tiga unsur yang membuat suatu pemerintahan akan berjalan dengan baik. Pertama, adanya unsur pemerintah formal yaitu pemerintahan. Kedua, unsur masyarakat dan ketiga adalah unsur pelaku usaha.

Oleh karena itu, Bupati Loekman melanjutkan, bila dari ketiga unsur ini salah satunya tidak bisa bekerja sama dengan baik tentunya perjalanan pemerintah tidak akan baik.(*)

Laporan: Asdijal
Editor: Agus Setyawan


Leave a Comment