Serangan Hama Diperkirakan Meningkat, Petani Dimbau Rutin Lakukan Pengendalian

img
Lahan persawahan di Kota Metro, Provinsi Lampung

MOMENTUM, Metro--Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3) Kota Metro, mengimbau petani melakukan upaya pengendalian hama secara rutin.

Imbauan tersebut menyusul perkiraan maraknya serangan hama pada musim tanam perdana tahun ini.

"Sekarang sudah masuk musim tanam, saya mengimbau  petani untuk rutin melakukan pengendalian hama, seperti wereng, penggerek batang, tikus, dan keong mas yang diperkirakan terjadi di musim ini," kata Kepala DKP3 Metro Hery Wiratno pada Harianmomentum.com, Rabu (11-3-2020).

Menurut dia, pada musim tanam perdana tahun ini, pemkot setempat telah menyiapkan  pupuk bersubsidi untuk petani. Pupuk bersubsidi itu dapat dibeli melalui koperasi atau kelompok tani dengan sistem elektronik Rencana Definitif Kebutuhan Kelompok tani (e-RDKK).

Selain itu, ratusan hand traktor juga telah disiagakan untuk memaksimalkan percepatan tanam.

"Pemerintah telah menyiapkan pupuk subsidi yang tersedia di masing-masing kelompok tani. Pembayaran nya menggunakan billing system dengan e-RDKK. Kita juga sudah siapkan 104 hand traktor dan delapa traktor roda empat untuk pecepatan tanam," jelasnya.

Untuk stok ketersediaan air  juga dipastikan cukup memenuhi kebutuhan musim tanam.

"Kita pastikan ketersediaan air cukup hingga musim tanam berikutnya. Mudah-mudahan hasil panen musim ini melebihi target yang ditetapkan Provinsi Lampung  18 ribu ton per musim. Apa lag, musim sebelumnya hasil panen kita mencapai 19 ribu ton gabah," ungkapnya. (**)

Laporan: Adipati Opie

Editor: Munizar






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos